Ilustrasi. Medcom.id/Yurike Budiman
Ilustrasi. Medcom.id/Yurike Budiman

Tips Otomotif

Jalanan Dihadang Banjir? Begini Cara Menyikapinya

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 22 Februari 2021 09:00
Jakarta: Sejumlah daerah di Jakarta, khususnya Jakarta, terendam banjir di sejumlah wilayah akibat hujan deras. Kondisi ini jelas menjadi masalah bagi masyarakat yang ingin melakukan mobilitas, termasuk bagi yang ingin melakukan perjalanan dengan mobil pribadi.
 
Cara agar Anda dan kendaraan aman dari banjir, adalah tidak melewatinya dan mencari rute alternatif yang bisa dilalui. Namun apabila rute yang akan dilalui satu-satunya, apa yang harus dilakukan? Asuransi Astra membagikan sejumlah saran ketika menghadapi banjir di perjalanan.
 

1. Lewati Jalan Tanpa Genangan

Apabila melihat genangan, sebaiknya kendaraan mencari alternatif jalan lain. Apabila harus melewati jalan dengan ketinggian genangan diatas roda kendaraan, sebaiknya tunggu genangan surut. Jangan memaksa kendaraan untuk melewati genangan air, risiko keselamatan anda menjadi taruhannya.
 
Bagi pemilik mobil jangan memaksa mobil untuk melewati banjir, karena sangat beresiko apabila ada jalanan rusak, jalanan lebih rendah, atau ada selokan tidak terlihat yang dapat mengakibatkan mobil terperosok semakin dalam.
 

2. Mengurangi Kecepatan dan Jaga Jarak

Berkendara dalam keadaan hujan tentu kita akan melewati jalanan yang licin dan terdapat genangan air. Keadaan ini tentu mengakibatkan mobil mudah tergelincir dan dapat mengakibatkan kecelakaan.
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif