lakukan perawatan rem sepeda motor secara rutin. Honda
lakukan perawatan rem sepeda motor secara rutin. Honda

Tips Otomotif

Perawatan dan Cara Mendeteksi Kampas Rem Harus Diganti

Otomotif tips motor tips otomotif
Ekawan Raharja • 30 September 2020 16:54
Bandung: Sistem pengereman merupakan salah satu sektor yang harus diperhatikan karena hal ini berkaitan dengan keselamatan berkendara. Sebagai pemilik kendaraan tentu harus paham bagaimana cara merawat dan mengetahui kapan komponen-komponen yang ada di sektor pengereman harus diganti agar tetap beroperasi secara optimal.
 
Menurut laman resmi Daya Adicipta Motora, pengendara wajib mengetahui cara merawat rem pada sepeda motor agar tetap aman dan nyaman ketika dikendarai. Jika sepeda motor menggunakan jenis Rem Tromol dan Cakram maka hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan secara berkala setiap 4.000 KM.
 
Selanjutnya periksa keausan kampas rem terhadap batas servis melalui indikatornya, dan terakhir selalu gunakan suku cadang asli. “Bagi sepeda motor yang sudah menggunakan jenis rem cakram, perawatan juga bisa dilakukan dengan membersihkan piringan cakran sampai ke bagian lubang anginnya,” ujar Technical Service Sub Departmen Head PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman, melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian untuk pemeriksaan rem jenis tromol dapat dilakukan mulai dari mengecek keausan rem tromol, pemeriksaan jarak main bebas handle rem untuk rem depan 10-22 mm, rem belakang matic 10-22 mm, cub & sport 20-30 mm, stel jarak main bebas rem apabila tidak standar dapat memutar mur penyetel pada bagian ujung kabel rem, dan terakhir periksa lampu switch rem.
 
Jika pemeriksaan dilakukan sepeda motor dengan jenis rem cakram, pemeriksaan terbagi ke dalam 2 bagian yaitu cari kerja rem hidraulik dan pemeriksaan jika adanya udara palsu di sistem rem hidrolik. Untuk pemeriksaan cara kerja rem hidraulik dapat dilakukan dengan langkah awal memposisikan motor standar tengah.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif