Roler pintu geser Freed rusak menyebabkan pintu tidak bisa dibuka dan ditutup. medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Roler pintu geser Freed rusak menyebabkan pintu tidak bisa dibuka dan ditutup. medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Pintu Geser Freed Rusak, Cek Roller Plastiknya

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 13 Februari 2018 06:51
Jakarta: Cara kerja pintu geser/sliding door di mobil berbeda dengan pintu model konvensional. Biasanya, pintu geser ini diperuntukkan bagi model multi purpose vehicle (MPV). Sebab dapat memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi mobil yang dapat menampung tujuh penumpang.
 
Toh, penggunaan pintu geser di mobil MPV bukan tanpa masalah. Usia pakai dan penggunaaan yang tidak benar bisa menyebabkan kerusakan. Apalagi model pintu geser ini memiliki beberapa komponen pendukung.
 
Fahmi, mekanik sekaligus pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di Bekasi Timur, membagi pengalamannya soal memperbaiki sliding door kepada medcom.id. Terutama solusi kerusakan pintu geser Honda Freed keluaran 2014.

Roler pintu geser Honda Freed

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Fahmi, pintu geser Freed yang diperbaiki di bengkelnya mengalami kerusakan di bagian roller. Bagian ini menggunakan material/bahan plastik yang bisa rusak/aus akibat usia pakai. Jika sampai itu terjadi, pintu geser tidak bisa dibuka atau ditutup.
 
Fahmi memperbaiki komponen yang rusak tersebut dengan cara menggunakan bahan plastik yang mirip. Tentunya harga perbaikan jauh lebih murah dibanding beli sparepart orisinil yang dibanderol seharga Rp700 ribu.
 
"Saya sudah tanya ke toko langganan. Harganya lumayan mahal. Bisa mencapai Rp700 ribu karena harus beli bersamaan dengan relnya. Tidak bisa satuan. Setelah saya lihat kerusakannya, lalu saya cari persamaan bahannya. Kemudian saya pola dan buat sendiri," tutup Fahmi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi