Gunakan bensin yang sesuai spesifikasi mesin agar tidak menimbulkan banyak kerusakan di kendaraan. Pertamina
Gunakan bensin yang sesuai spesifikasi mesin agar tidak menimbulkan banyak kerusakan di kendaraan. Pertamina

Tips Otomotif

Mesin Minum Bensin Tak Sesuai Spesifikasi, Bikin Banyak Penyakit

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 14 September 2020 15:00

Jakarta: Masih banyak pemilik kendaraan bermotor yang asal isi bensin dan tidak memperhatikan kesesuaian antara bensin dan mesin. Padahal apabila terus diabaikan akan merugikan dan mesin jadi banyak penyakit.
 
Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu, menjelaskan banyak kerugian yang bisa didapatkan apabila pemilik mobil menggunakan bensin yang tidak sesuai spesifikasi mesin. Efeknya bisa dirasakan dalam jangka pendek hingga jangka panjang, yang pastinya bikin mesin bermasalah.
 
"Dalam jangka pendek tentunya akan merasakan kurang tenaga yang tidak optimal. Ada keluhan katanya irit tapi kenapa jadi boros," ungkap Probo di acara Ngovid Forwot bersama Pertamina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyakit lainnya yang hadir adalah mesin menjadi berisik dan keluar suara menggelitik. Hal ini dikarenakan ledakan bensin tidak sesuai dengan ritme kerja piston, sehingga menghasilkan suara menggelitik.
 
"Mesin di tune up. Sebenarnya bukan tune up tapi bahan bakarnya tidak beres. Ketika dibetulin dan sebagainya ada oksidasi kerak lainnya. Otomatis biaya perawatan lebih mahal," sambungnya.
 
Sedangkan untuk efek jangka panjang jelas daya tahan mesin akan berkurang. Bisa saja pemilik mobil harus turun mesin meski belum waktunya karena banyak kerak di dalam mesin.
 
"Jangka panjang lebih parah seperti piston rusak, kerak turun ke mesin tapi belum waktunya. Sehingga daya tahan mesin juga berpengaruh gara-gara mobil ketidaksesuaian bensin itu tadi."


 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif