Bingkai hitam di kaca mobil punya fungsi vital. nissan
Bingkai hitam di kaca mobil punya fungsi vital. nissan

Sering Diabaikan, Ini Fungsi Vital Bingkai Hitam di Kaca Depan Mobil

Otomotif komponen otomotif perawatan kendaraan tips otomotif
Adri Prima • 03 Desember 2021 16:14
Jakarta: Kaca depan mobil atau yang juga sering disebut sebagai windshield merupakan bagian penting dari mobil karena berhubungan langsung dengan visibilitas pengemudi. 
 
Bila diperhatikan secara seksama, terlihat sebuah pola unik berwarna hitam bintik-bintik mengelilingi kaca. Bagian ini memiliki peran yang sangat penting pada sistem kaca depan modern. Apa fungsi sebenarnya? 
 
Mengutip dari laman resmi Nissan, benda di pinggiran kaca depan mobil tersebut dinamakan Frit. Bagian ini bisa dibilang sebagai salah satu komponen yang sering diabaikan dalam sebuah mobil. Padahal, bagian ini merupakan kunci bagaimana menempelkan kaca depan ke bodi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kaca merupakan bahan yang sulit untuk ditempelkan dengan material lain. Kaca depan sendiri terbuat dari kaca safety berbahan khusus. Permukaannya tidak akan mudah menempel pada lapisan besi pada frame bodi. Untuk itulah diperlukan adanya frit.
 
Frit tersebut akan dipanaskan untuk menempelkan kaca depan ke bodi mobil, begitu juga bintik-bintik hitam yang mengelilinginya. Fungsi utama frit adalah untuk memberikan permukaan yang membuat perekat menempel ke kaca.
 
Ketika akan dipasang kaca depan, frit berperan sebagai titik temu antara kaca dan bingkainya. Permukaan frit mampu membuat perekat menempel dengan efektif sehingga kaca dan frame bisa menyatu.

Fungsi Frit


Fungsi lain dari frit adalah sebagai pelindung radiasi sinar ultraviolet. Bagian luar frit melindungi perekat agar tidak terkena sinar matahari langsung. Bagian tersebut akan melemah bila secara terus menerus terpapar sinar matahari langsung, yang tentu saja berpotensi membuat kaca depan terlepas dengan sendirinya.
 
Frit juga secara elegan menyamarkan perekat yang digunakan untuk memasang kaca depan dan memberikan penampilan yang lebih bersih pada bagian tersebut. Efek bintik-bintik yang mengecil memberikan kesan transisi yang lebih menarik dari bingkai hitam frit ke kaca depan yang transparan. Bintik-bintik tersebut juga memberikan efek penghalang sinar matahari.
 
Beberapa pabrikan mobil bahkan memperluas pola bintik tersebut dari atas ke bawah di antara dua sun visor untuk membuat semacam “visor ketiga”. Bagian tersebut mampu mengurangi silau akibat sinar matahari yang tidak bisa tertutupi oleh dua visor utama. 
 
Dengan begitu, penglihatan pengemudi dan penumpang tidak akan terganggu. Beberapa pabrikan mobil bahkan memberikan logo perusahaan mereka atau desain unik lainnya untuk menggantikan pola bintik yang membosankan.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif