Penggantian pelumas harus dilakukan secara rutin. Federal Oil
Penggantian pelumas harus dilakukan secara rutin. Federal Oil

Oli Mesin Mulai Berkurang? Lebih Baik Langsung Ganti

Otomotif tips knowledge
Ekawan Raharja • 06 November 2018 06:21
Jakarta: Masih banyak kebiasaan masyarakat Indonesia yang menambah pelumas mesin ketika volumenya berkurang. Padahal cara ini dianggap kurang maksimal untuk melumasi mesin.

Mekanik bengkel Vincent Jaya Motor, Toni, menjelaskan jika volume pelumas mesin berkurang sebaiknya di ganti. Jangan ditambah karena kinerja pelumas tidak maksimal.

"Sebaiknya di kuras dan di ganti. Kalau bengkel cuma bisa menambah untuk sementara tidak apa-apa. Cuma sehabis itu sebaiknya di ganti," ucap Toni kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Pemenang Federal Oil Mechanic Contest 2018 itu lebih rinci menjelaskan bahwa pelumas yang sudah bekerja tentu akan mengalami penurunan kinerja. Mulai dari sintetiknya yang mulai berkurang, dan juga mulai timbul endapan yang dihasilkan dari pembakaran. Sehingga penambahan pelumas dirasa tidak efektif. Alangkah lebih baik jika pelumasnya sekaligus di ganti dengan yang baru. Menurutnya, jika hanya melakukan penambahan oli saja, tidak akan ada pemeriksaan hal-hal lain yang berhubungan dengan bak penampung oli di mesin motor.

"Pelumas berkurang bisa karena banyak hal. Ketika ganti pelumas, bisa juga diperiksa penyebabnya."

Makanya banyak bengkel khusus untuk mengganti oli lebih menyarankan penggantian oli secara langsung ketimbang hanya melakukan penggantian saja.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi