Optimalkan Sensor Parking Mobil
Sensor parkir membantu pengemudi saat parkir. RPMelectronics
Jakarta: Fitur keamanan dan keselamatan telah banyak disematkan di mobil keluaran terbaru, salah satunya adalah sensor parkir atau yang dikenal dengan sensor mundur. Lalu, apa kegunaan sensor tersebut?

Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, menerangkan perangkat elektronik yang menempel di belakang mobil tersebut berfungsi memberi tanda kepada pengemudi. Tepatnya sebelum mobil menyentuh/menabrak bagian yang tidak terlihat dari kabin.

"Semakin mobil mendekati objek (tembok atau bidang pembatas), sensor akan memberi tanda dengan mengeluarkan suara. Nantinya, suara akan semakin keras jika mobil makin dekat dengan objek di belakangnya," kata Herry kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.


Selain itu, perangkat ini sangat membantu untuk pengemudi dengan tingkat feel yang kurang baik. Terutama ketika harus memarkir kendaraan di tempat yang sempit.

Lebih lanjut Herry menjelaskan, sensor parkir mobil sangat beragam dan sudah canggih pada saat ini. Bahkan ada yang dilengkapi dengan kamera. 

Normalnya, sensor akan berbunyi mulai jarak 1,5 meter dan akan mengeluarkan bunyi berulang-ulang dengan cepat. Jarak terdekat dengan objek adalah 0,5 meter. Di jarak tersebut sensor akan mengeluarkan bunyi tanpa terputus.

Di tahap ini, Anda sebgai pengemudi sudah harus lebih waspada dan mulai meletakkan posisi kaki di pedal rem.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id