Tips Knowledge

Trik Parkir Mobil Mudah dan Aman

M. Bagus Rachmanto 10 Agustus 2018 08:55 WIB
tips knowledge
Trik Parkir Mobil Mudah dan Aman
Kewaspadaan sangat diperlukan ketika Anda sedang memarkir kendaraan. JLL Real Views
Jakarta: Dalam berkendara, keterampilan memarkir mobil wajib dikuasai setiap pengemudi. Tujuannya agar terhindar dari kemungkinan buruk yang dapat mengakibatkan kerusakan terhadap mobil maupun kendaraan lain di sekitar Anda. Karena itu, kewaspadaan sangat diperlukan ketika Anda sedang memarkir kendaraan.

Bagi mereka yang baru bisa mengendarai mobil, memarkir kendaraan mungkin terasa menakutkan. Kemungkinan menabrak, kian mengurangi konsentrasi. Agar terhindar dari hal tersebut, Chief of Trainer Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, membagi trik parkir yang aman.

1. Cari lokasi parkir yang aman
Parkir di sisi jalan yang aman atau di tempat yang diperuntukkan untuk parkir akan memudahkan Anda melakukan proses parkir. Pastikan lokasi parkir tidak menganggu lalu lintas kendaraan lain dan aman dari kemungkinan tertabrak.

2. Sediakan jarak dengan kendaraan lain
Jangan memarkir kendaraan dengan posisi mepet dengan kendaraan lain. Sediakan jarak yang cukup. Setidaknya cukup leluasa untuk membuka pintu mobil tanpa menggores tubuh kendaraan di sebelah mobil Anda. Juga sediakan ruang kosong antar muka mobil dengan mobil lain guna menghindari risiko tertabrak ketika mengeluarkan mobil.


3. Jangan memaksakan
Jangan pernah memaksakan memarkir kendaraan di lokasi yang tak sesuai dengan ukuran mobil Anda. Selain dapat menyulitkan proses parkir, parkir di area sempit juga berisiko membuat mobil Anda tergores.

4. Buka jendela
Untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, buka jendela mobil serta matikan perangkat audio. Suasana hening akan membuat Anda lebih fokus dan dapat mendengarkan suara di luar mobil dengan seksama.

5. Lihat kaca spion
Anda tak perlu terlalu sering menoleh-noleh ke belakang ketika sedang parkir. Manfaatkan kaca spion dalam untuk melihat bagian belakang mobil, termasuk melihat situasi di samping kiri dan kanan melalui spion samping.

6. Manfaatkan rear vision camera
Keberadaan rear vision camera sangat membantu dalam proses parkir. Ketika spion samping dan tengah tidak dapat menangkap situasi di bagian bawah belakang kendaraan, rear vision camera dapat menjangkau sisi ini, sehingga keberadaan rear vision camera memudahkan Anda saat memarkir kendaraan, bahkan di tempat yang sempit sekalipun.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id