Hindari faktor lelah saat mudik biar perjalaan lebih aman. MI
Hindari faktor lelah saat mudik biar perjalaan lebih aman. MI

Kenali Gejala 'Tidur Ayam' saat Berkendara

Otomotif safety driving
M. Bagus Rachmanto • 24 Desember 2018 11:30
Jakarta: Mudik sudah menjadi tradisi tahunan bagi sebagian masyarakat Indonesia dan banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang ke kampung halaman. Namun, tak semua pengemudi terbiasa menempuh perjalanan jauh, ditambah kondisi macet yang kadang membuat pengemudi mengalami microsleep atau diistilahkan dengan tidur ayam.
 
Direktur SDCI Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menyampaikan, mudik dengan aman salah satunya ditentukan oleh faktor pengemudi yang prima dan bisa mengukur tingkat kelelahan saat berkendara, serta tidak memaksakan kondisi fisik dan kendaraan.
 
"Salah satu contoh, mungkin kita sering mendengar istilah microsleep atau sering dianggap sebagai tidur ayam, menguap saat mengemudi, pegal-pegal dan ngantuk. Anggapan microsleep sebagai lelah ringan adalah salah. Microsleep adalah lelah atau ngantuk yang berlebihan saat berkendara," jelas Sonny di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenali Gejala 'Tidur Ayam' saat Berkendara
 
Di saat pengemudi sudah merasa lelah semuanya melemah, termasuk kecepatan mobil yang kita kemudikan. Yang kita tahu mobil oleng ke kiri dan ke kanan.
 
Ketika microsleep menyerang Anda di kecepatan 80 km per jam atau 120 km per jam, disitulah benturan terjadi dan tidak berkurang. Utamanya terjadi di jalan tol yang lurus dan monoton sehingga menyebabkan kantuk.
 
"Untuk menghindari hal tersebut dan menjaga mudik tetap aman, disarankan mengemudi tidak lebih dari 4 jam serta istirahat minimal 30 menit hingga 1 jam. Guna mengembalikan daya tahan tubuh dan kondisi badan yang prima". tutupnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif