Ditlantas Polda Metro Jaya membuka posko pelayanan pengurusan STNK dan BPKB kendaraan. AntaraFoto/Rosa Panggabean
Ditlantas Polda Metro Jaya membuka posko pelayanan pengurusan STNK dan BPKB kendaraan. AntaraFoto/Rosa Panggabean

STNK & BPKB Hilang Karena Banjir? Begini Cara Urusnya

Otomotif tips knowledge
Ekawan Raharja • 06 Januari 2020 16:32

Jakarta: Banjir di Jakarta dan beberapa daerah di sekitarnya tak pelak merendam rumah dan surat-surat berharga yang ada di dalamnya. Jika surat-surat kendaraan yang dimiliki rusak akibat banjir, cara pengurusannya tidaklah rumit.
 
Melalui akun resmi Instagram Divisi Humas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya membuka posko pelayanan pengurusan STNK dan BPKB kendaraan. Di sini masyarakat bisa mengurus surat-surat kendaraan yang hilang atau rusak akibat banjir.
 
Lantas syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus STNK yang rusak maupun hilang akibat banjir? Syarat-syarat ini nantinya dibawa saat pengurusan ke Polda Metro Jaya yang terletak di Jendral Sudirman Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk STNK yang rusak, pemohon wajib melampirkan dokumen STNK yang rusak, BPKB kendaraan, dan KTP asli beserta salinan pemilik kendaraannya. Namun apabila STNK hilang, maka pemohon wajib menambahkan surat laporan kehilangan yang diterbitkan oleh Polsek atau Polres terdekat.
 
Kemudian untuk BPKB yang rusak juga bisa diurus dengan mengisi formulir permohonan, KTP asli dan salinan pemilik kendaraan, surat kuasa bermaterai apabila pengurusannya diwakili oleh orang lain, melampirkan BPKB yang rusak jika masih ada, serta tanda cek fisik kendaraan. Sedangkan apabila BPKB hilang, pemohon wajib menambahkan surat keterangan hilang dari unit regident tempat BPKB diterbitkan, surat pernyataan pemilik mengenai BPKB yang hilang tidak terkait kasus pidana di atas kertas bermaterai, STNK asli dan salinan, hingga bukti penyiaran pada media massa cetak sebanyak tiga kali berturut dengan tenggang waktu masing-masing satu minggu di media cetak yang berbeda.
 
"Dengan tujuan memberikan pelayanan prioritas atau khusus terhadap masyarakat yang STNK-nya rusak atau hilang akibat banjir sehingga dapat terlayani dengan cepat," kata Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro, Kombes Sumardji, kepada Medcom.id.
 
STNK & BPKB Hilang Karena Banjir? Begini Cara Urusnya


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif