Sebuah mobil Toyota Alphard berwarna putih terbakar di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin, 11 Mei 2020. ANTARA Foto/Muhammad Iqbal
Sebuah mobil Toyota Alphard berwarna putih terbakar di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin, 11 Mei 2020. ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

Tips Otomotif

4 Cara Mengantisipasi Kebakaran Mobil

Otomotif tips mobil tips otomotif
Ekawan Raharja • 30 September 2020 11:00
Jakarta: Belakangan kerap terjadi kasus mobil terbakar ketika sedang dijalankan. Hal ini tentu bukan suatu hal yang bisa dianggap remeh karena nyawa bisa menjadi taruhannya juga kerugian materi yang sangat banyak  dan bukan tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi pada setiap pengendara.
 
Pemilik mobi tentu harus bisa mengantisipasi dan mempersiapkan pencegahan kebakaran mobil agar tidak menimbulkan kerugian yang besar atau korban jiwa. Melalui laman resmi Astra World, berikut 4 cara mengantisipasi kebakaran mobil;
 
1. Hindari Pemasangan Instalasi Kelistrikan Sembarangan
Hal yang pertama dapat dilakukan adalah sebisa mungkin hindari instalasi kelistrikan aksesoris yang dilakukan sembarangan dan tidak rapi. Hal ini dapat memicu terjadinya konsleting listrik di mobil yang  dapat mengakibatkan resiko mobil terbakar.
 
Jika tetap ingin memasang aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan, lakukan dengan baik, tidak asal mencomot/jumper sumber tenaga dari sistem kelistrikan lainnya. Lebih amannya, datangi ahli kelistrikan mobil di bengkel resmi untuk konsultasi terlebih dahulu, agar di kemudian hari tidak terjadi hal-hal yang dapat berakibat fatal.
 
2. Cek Ruang Mesin Sebelum Pergi
Kemudian hal yang kedua adalah sebelum berkendara ada baiknya Anda cek ruang mesin. Pastikan tidak ada bau bahan bakar di ruang mesin yang menandakan ada saluran yang bocor.
 
Jika terpaksa menghidupkan mesin ketika parkir, pastikan tidak ada sampah berupa bahan yang mudah terbakar (kertas, daun, ranting kering) di dalam kap mesin. Kedua hal ini dapat memicu terjadinya kebakaran jika bahan bakar yang bocor atau sampah tadi mengenai pipa gas buang yang panas.
 
3. Jangan Tinggalkan Barang Mudah Terbakar
Hal ketiga yang dapat dilakukan adalah tidak meninggalkan barang yang mengandung bahan mudah terbakar di dalam mobil. Contohnya seperti korek api, alkohol, dan barang lain yang rentan akan bereaksi terhadap suhu panas.
 
4. Sediakan APAR

Terakhir adalah persiapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di mobil kesayangan Anda. Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan berbahaya sekali bila tidak ada fasilitas keamanan yang memadai untuk memadamkan api. Sebaiknya setiap kendaraan pribadi seperti mobil memiliki APAR jenis dry powder yang berukuran kecil dan ditempatkan pada tempat yang  mudah dijangkau di dalam mobil.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif