Mengenal fitur keselamatan berkendara yang ada di mobil, penting dilakukan agar tak kikuk di jalanan. Dok Medcom
Mengenal fitur keselamatan berkendara yang ada di mobil, penting dilakukan agar tak kikuk di jalanan. Dok Medcom

Tips Knowledge

Ini Fitur Mobil yang Bermanfaat saat Hujan

Otomotif tips mobil tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 14 Agustus 2020 12:07
Jakarta: Sebelum kaca mobil Anda baret akibat kondisi karet wiper yang sudah mengeras, sebaiknya periksa dan ganti wiper yang memang sudah tidak layak pakai. Untuk menghindari kecelakaan saat hujan, ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda gunakan.
 
Wiper
Termasuk dalam komponen fast moving wiper punya usia pakai. Lalu apa saja ciri-ciri wiper yang tak layak pakai atau sudah harus diganti? Kerusakan bisa dilihat, didengar, dan dirasakan. Wiper terlihat rusak ketika karet sudah terbelah, retak, karat, berubah bentuk, dan banyak penumpukan benda-benda asing di sana.
 
Mengenali kerusakan wiper juga bisa melalui pendengaran. Wiper yang rusak terdengar getaran saat dioperasikan. Sedangkan kerusakan melalui sentuhan saat karet sudah terasa keras dan tak lagi mampu menyapu air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rangga pemilik salah satu bengkel di Kota Serang, Banten, wiper punya umur pakai enam bulan, dan harus diganti secara berkala agar tidak bikin baret kaca akibat karet yang sudah mengeras. “Kalau wiper yang universal (bisa untuk semua mobil) itu buatan Taiwan. Saran saya untuk lebih tahan lama dan bagus pakai merek Denso sudah seperti kualitas ori.”
 
Intermitter Wiper
Intermitte wiper berguna sebagai pengatur kecepatan wiper dalam melakukan sekaan dengan jeda beberapa saat. Selain nggak mengganggu jarak pandang karena kecepatannya, jeda yang diberikan juga mampu menghemat karet wiper serta motor penggeraknya.

 
Halaman Selanjutnya
Fog Lamp Lamp lamp fog…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif