NEWSTICKER
Pastikan memeriksa 11 komponen ini agar sepeda motor tetap prima di musim banjir. Honda
Pastikan memeriksa 11 komponen ini agar sepeda motor tetap prima di musim banjir. Honda

Tips Knowledge

Merawat Motor, 11 Hal Bisa Dilakukan Sendiri saat Musim Hujan

Otomotif tips motor tips knowledge
Ekawan Raharja • 28 Februari 2020 07:55
Bandung: Musim hujan hingga saat ini terus mengintai pengguna sepeda motor untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala.Air hujan yang memiliki kandungan zat asam dapat menyebabkan bagian besi menjadi berkarat, cat sepeda motor akan menjadi luntur dan di beberapa bagian akan terasa kurang berfungsi sebagaimana mestinya.
 
Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan yang tepat saat musim hujan agar sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan nyaman digunakan. PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat berbagi tips 11 hal di sepeda motor yang harus di pemeriksaan dan dirawat saat musim hujan.
 
Mencuci Motor
Diwajibkan untuk selalu mencuci sepeda motor ketika sudah terkena air hujan saat di perjalanan. “Air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan beberapa bagian, bahkan bisa membuat cat luntur permukaan body motor,” ujar Asisten Manajer Technical Service DAM, Ade Rohman, dikutip dari situs resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemeriksaan Ban
Saat kondisi hujan maka akan terjadi genangan air di beberapa bagian jalan yang dilalui, oleh karena itu ada baiknya kita melakukan pemeriksaan kondisi alur ban, apakah masih layak digunakan atau tidak. Alur ban berfungsi untuk membelah atau menerobos genangan air hujan dan tekanan udara pada ban berfungsi agar pengendalian stang lebih ringan ketika menerjang genangan air hujan tersebut.
 
Perlu diketahui, tekanan angin pada roda depan model matik sekitar 28-30 psi dan untuk roda belakang menggunakan tekanan angin sekitar 31-33 psi. Sementara tekanan angin motor Cub (bebek), tekanan roda depan sekitar 29-30 psi dan dan roda belakang menggunakan tekanan angin 31–33 psi. Berbeda dengan untuk motor jenis sport tekanan angin ban roda depan adalah 39-41 psi dan roda belakang 39 -41 psi
 
Rantai Sepeda Motor
Air hujan yang memiliki kandungan zat asam apabila terkena rantai motor dapat menimbulkan karat. Sepeda motor yang kita kendarai tidak menggunakan penutup rantai tentunya hal tersebut akan sangat rentan sekali untuk dapat menimbulkan karat di rantai.
 
Untuk menghindari karat disarankan agar bisa menutup rantai motor supaya terlindungi dari air hujan. “Jika rantai motor kendor dapat melakukan penyetelan ulang dan selalu berikan pelumas rantai agar terhindar dari timbulnya karat,” ujar Ade.
 
Rem Depan & Rem Belakang
Sistem pengereman sangat penting untuk menahan laju sepeda motor dan ini berhubungan juga dengan keselamatan. Maka dari itu, kanvas rem yang terbuat dari bahan asbes jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering.
 
Pastikan untuk selalu membersihkan setelah terkena air hujan dan untuk pemeriksaannya dapat dilihat dari arah depan untuk tipe cakram dengan melihat ketebalan kanvas rem motor dan untuk belakang melihat kondisi pada tuas panel belakang apakah masih layak atau tidak.
 
Merawat Motor, 11 Hal Bisa Dilakukan Sendiri saat Musim Hujan
 
Busi & Tutup Busi
Komponen sepeda motor yang satu ini merupakan salah satu jantungnya sebuah sepeda motor karena tanpa busi motor tidak akan dapat hidup. Pemeriksaan tutup busi dapat dilakukan dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi, kemudian bersihkan air dan kotoran pada tutup busi agar kembali bersih. “Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan penggantian busi secara berkala,” kata Ade.
 
Saringan Udara
Pastikan komponen saringan udara tidak tersumbat. Jika komponen kuda besi yang satu ini basah maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu dan juga performance motor akan terasa berat serta kurang bertenaga. “Caranya dengan melakukan pengecekan dan penggantian secara berkala,” ujar Ade.
 
Knalpot
Kotoran air hujan biasanya bukan hanya menempel pada bagian body dan spakbor, tapi juga menempel pada bagian dalam leher knalpot. Oleh sebab itu sebaiknya bersihkan bagian yang satu ini agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna.
 
Konektor Kabel
Jika sepeda motor kalian memiliki body terbuka, pastikan kabel yang terhubung tidak terkena air karena jika bagian soket atau kabel terkena air maka akan menyebabkan konslet sehingga bisa merusak komponen motor yang lainnya.
 
Sistem Penerangan
Sistem penerangan sepeda motor ialah komponen standar yang harus dimiliki sepeda motor, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk keselamatan pengendara dan orang lain. Adapun fungsi sistem penerangan ialah sebagai penerangan jalan kepada pengemudi dan orang lain untuk ketertiban dan keselamatan bersama. “Apalagi saat menembus hujan maka dibutuh sistem penerangan yang baik,” katanya.
 
Tutup Pengisian Oli
Pastikan juga tutup oli dalam kondisi terpasang dengan baik dan tidak ada kebocoran pada bagian karet seal yang ada pada tutup oli. Bila oli bercampur dengan air, maka bisa rusak dan tidak bisa melumasi serta melindungi kinerja mesin dengan baik.
 
CVT
Pengguna sepeda motor tipe matic sangat disarankan tidak memaksakan melewati genangan air yang menutupi mesin atau bahkan terendam karena dapat mengakibatkan beberapa bagian di area CVT menjadi tidak berfungsi secara normal. “Agar pemeriksaan dapat dilakukan secara menyeluruh, konsumen dapat melakukan pemeriksaan secara berkala dan langsung oleh mekanik ahli di bengkel resmi,” ujar Ade.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif