Tips knowledge

Jangan Asal Pilih Alas Kaki Ketika Mengemudi

Ekawan Raharja 11 Januari 2018 15:39 WIB
tips knowledge
Jangan Asal Pilih Alas Kaki Ketika Mengemudi
Jangan pilih sepatu dengan sol tebal untuk mengemudi mobil. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Penggunaan alas kaki memang wajib ketika mengemudi. Tentu saja tidak boleh sembarangan ketika memilih pelengkap untuk berkendara yang satu ini. Mengingat pentingnya menjaga kenyamanan agar tak cepat letih.

Instruktur safety driving, Hasnul Arifin, menjelaskan mengemudi tanpa alas kaki sangat tidak aman. Kebiasaan seperti itu dapat mengakibatkan kecelakaan.

"Kaki itu lama-kelamaan kan berkeringat. Saat berkeringatlah kaki menjadi licin dan bisa slip saat menginjak pedal," jelas Hasnul beberapa waktu lalu.

Hasnul pun berujar kalau mengemudi sebaiknya menggunakan sepatu. Dalam memilih sepatu untuk mengemudi pun jangan sembarangan. Menurut situs resmi Hyundai, pilihlah sepatu yang nyaman dan memiliki grip yang baik.


Dari bentuknya saja, pilih sepatu yang lentur dan ergonomis yang baik. Ergonomis ini dimaksudkan memiliki desain yang mengikuti bentuk kaki, sehingga nyaman ketika menginjak pedal gas, rem, dan kopling.

Kemudian pilih sepatu dengan sol yang tipis. Penggunaan sol yang tipis akan membuat kaki lebih sensitif untuk menekan pedal. Terpenting adalah, jangan menggunakan sepatu berjenis long nose. Lantaran sepatu jenis ini sangat rentan untuk nyangkut di pedal-pedal pengoperasian mobil.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id