Buka jendela beberapa saar untuk mengeluarkan udara yang terjebak dalam kabin. Medcom.id/Ekawan Raharja
Buka jendela beberapa saar untuk mengeluarkan udara yang terjebak dalam kabin. Medcom.id/Ekawan Raharja

Pentingnya Mengganti Sirkulasi Udara Kabin Setelah Mobil Terjemur

Otomotif tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 25 Oktober 2019 07:48
Jakarta: Mobil yang diparkir terjemur sinar matahari akan membuat kabin mobil terasa panas. Bagi pemilik disarankan agar tidak langsung menyalakan AC mobil, dan membuka terlebih dulu semua jendela selama beberapa menit, agar udara panas bisa yang terjebak di kabin cepat keluar.
 
Dilansir situs resmi Daihatsu, sebuah penelitian menyebutkan paparan radiasi sinar matahari bias menimbulkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok dan bahan lain di kabin dengan udara panas yang menghasilkan berbagai zat baru, seperti Benzena yang merupakan racun penyebab kanker (karsinogen) dan menganggu kesehatan.
 
Selain menyebabkan kanker, Benzena juga bisa meracuni tulang-tulung dalam tubuh kita, kemudian menyebabkan Anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Kalau sering menghirup zat berbahaya tersebut dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan Leukemia serta menambah risiko penyebab kanker.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu Benzena juga dapat mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil. Tingkat Benzena di dalam ruangan yang bisa ditoleransi manusia adalah sebesar 50mg/ft2. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan menghasilkan 400-800 mg Benzena. Tapi kalau diparkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat Celcius ke atas, tingkat Benzena bisa naik hingga mencapai 2000-4000 mg, 40 kali tingkat Benzena yang bisa ditoleransi.
 
Itulah alasan untuk tidak menyalakan AC mobil ketika mobil terjemur sinar matahari. Jadi sebelum menhidupkan AC mobil, biasakan umtuk selalu membuka jendela dan pintu mobil sekitar 5 menit. Tujuannya supaya udara beracun yang ada di dalam mobil bisa terbuang keluar.
 
Jadi mulai sekarang ssahakan untuk membuka kaca mobil sedikit saat parkir, atau carilah tempat parkir di tempat yang teduh sehingga ridak terkena paparan sinar matahari langsung.
 
Menurut Fahri pemilik salon mobil Kinclong di bilangan Jakarta Timur, selain berdampak terhadap kesehatan, mobil yang terkena sinar matahari langsung saat atau sering terjemur bisa merusak dan bisa membuat dashboard menjadi kusam dan retak-retak. Kemudian dashboard akan lebih cepat berisik.
 
"Dashboard ini ada pegangan karetnya, karet ini bisa berkurang kelenturannya. Lalu list karet kaca, bisa getas dan sebabkan kebocoran," kata Fahri kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif