Ilustrasi. Suzuki
Ilustrasi. Suzuki

Tips Otomotif

Mengenal Fungsi & Kerja Minyak Kopling

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif
Ekawan Raharja • 16 Mei 2021 15:00
Jakarta: Di dalam sebuah kendaraan, khususnya mobil, dibutuhkan banyak cairan untuk bisa menunjang kinerja agar bisa maksimal. Salah satu yang cukup jarang didengar dan mungkin terasa asing di telinga bagi orang umum adalah minyak kopling.
 
Minyak kopling ini memiliki fungsi yang cukup vital dalam sebuah mobil, dan sayangnya banyak yang abai dalam penggantian minyak kopling karena dirasa kurang penting. Nah untuk itu, ada baiknya mulai berkenalan dahulu dengan komponen cair satu ini.
 
Menurut laman resmi Suzuki, secara umum minyak ini sama dengan minyak rem yang disimpan dalam silinder kopling. Minyak ini akan bekerja dengan mengalir dari bagian master silinder kopling atas ketika menekan pedal kopling dan minyak akan masuk ke dalam silinder kopling bawah.
 
Saat mengalir maka akan terjadi tekanan yang fungsinya adalah memudahkan pengaplikasian kopling. Sehingga perpindahan gigi pun akan lebih mudah dan halus untuk dilakukan pengemudi.
 
Apabila kopling sudah bekerja, maka pedal akan terlepas dan cairan yang tadinya turun ke silinder kopling bawah kembali ke bagian master silinder kopling atas. Minyak kopling mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam perpindahan gigi.  Ada dua hal yang perlu diperhatikan soal minyak kopling yaitu kualitas dan volumenya. 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif