Ilustrasi, Jasa Marga
Ilustrasi, Jasa Marga

Tips Otomotif

Para Pengusaha Logistik, Ini Saran untuk Manajemen Angkutan

Otomotif tips mobil tips knowledge tips otomotif Kendaraan Komersial
Ekawan Raharja • 28 Juli 2021 10:00
Jakarta: Di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlangsung sekarang ini mempersilahkan transportasi logistik terus berjalan. Di tengah kondisi ini membuat para pengusaha transportasi logistik harus membuat manajemen angkutan yang tepat.
 
National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni, mengingatkan kembali agar pemilik dan operator kendaraan niaga mempersiapkan manajemen angkutan logistik lebih baik agar keuntungan bisnis dapat tercapai dan keselamatan berkendara juga tetap terpenuhi. "Salah satu manajemen logistik paling penting adalah manajemen perawatan ban karena ban merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang menopang beban dan bersentuhan langsung dengan jalanan. Dengan manajemen perawatan ban yang baik, diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan saat high season," ungkap Ahmad melalui keterangan resminya.
 
Dalam rangka tetap bergulir selama PPKM, Ahmad menjelaskan tiga hal penting dalam manajemen perawatan ban dan kendaraan bagi para pemilik maupun operator kendaraan niaga agar bisa menjaga keselamatan saat melakukan pengantaran.
 
Pertama, manajemen ban dimulai dari pemilihan ban yang tepat. Salah satu hal paling penting dalam pemilihan ban adalah memilih ban sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui dan beban muatan yang akan diangkut.
 
Kapasitas daya angkut ban dapat diketahui melalui Indeks Beban yang terdapat pada dinding samping ban. Contohnya, pada ban Hankook TBR 1000R20 AH30 terdapat indeks beban 149/146J. Artinya, setiap satu ban tersebut mempunyai kapasitas daya angkut saat dipasang secara single (di depan) sebesar 3.250 Kg, sedangkan untuk ban dipasang dual/ganda (umumnya ban belakang) adalah 3.000 Kg dengan batas kecepatan maksimal 100 Km/jam.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif