Penyebab Umum Pendeknya Usia Aki Motor
Pemasangan aki, adalah hal pertama yang ikut mempengaruhi usia aki. Youtube
Jakarta: Aki punya peran penting untuk sepeda motor. Aki sebagai pemasok daya listrik untuk komponen elektrikal, seperti lampu-lampu hingga ECU atau CDI untuk motor karburator.

Meski tergolong komponen fast moving, usia pakai aki terbilang panjang. Bahkan bisa sampai tahunan. Tapi ada saja faktor yang mempengaruhi usia pakai aki motor. Menurut Product Manager Bosch Automotive Indonesia, Dedy Ismanto, setidaknya ada empat faktor penentu panjang atau pendeknya usia aki motor.

Pertama adalah penanganan aki saat pemasangan pertama kali. "Ada aki yang harus diisi dulu. Celakanya kadang cairan kimia aki tumpah saat pengisian dan lain-lain," ungkap Dedy kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kedua, pemilihan tipe aki atau penggunaan yang tepat di motor. "Biasanya konsumen datang ke bengkel dengan keluhan aki rusak, dan menyerahkan pemilihan aki ke bengkel. bisa saja salah ukuran atau tipe," lanjutnya.


Ketiga adalah perawatan aki motor. Meski ada aki berstatus maintenance free (MF), atau bebas perawatan, kondisi aki tetap harus diperiksa. "Keempat penggunaan alat kelistrikan tambahan yang berlebihan," papar Dedy.

Kelima adalah karakter penggunanya. "Pengisian daya aki motor terjadi pada putaran mesin tertentu. Motor yang jarang dipakai tapi hanya dipanaskan saja juga bakal membuat aki lemah," tutupnya.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id