Mesin Honda PCX sekarang masih menggunakan teknologi eSP. Doc Medcom.id
Mesin Honda PCX sekarang masih menggunakan teknologi eSP. Doc Medcom.id

Paten Mesin Baru Honda PCX Usung Teknologi Mobil

Otomotif teknologi otomotif motor baru honda motor
Ekawan Raharja • 26 Agustus 2019 13:32
Jepang: Honda terus melakukan pengembangan untuk produk-produknya, termasuk untuk skutik mereka seperti Honda PCX dan ADV150. Bahkan mereka sudah mempersiapkan pengembangan mesin baru yang mengadopsi teknologi seperti yang ada di mobil.
 
Baru-baru ini tersebar sebuah paten mesin yang diduga akan menjadi mesin terbaru dari PCX. Perbedaan dengan mesin yang lama adalah teknologi eSP akan berganti dengan VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Teknologi VTEC sebelumnya sudah pernah dicoba oleh Honda di mobil, seperti Honda Jazz, dan berfungsi sangat kini sudah lagi generasi terbarunya yakni i-VTEC
 
Perbedaan yang paling mencolok dari mesin ini adalah jumlah klep yang ada di dalamnya. Diketahui mesin eSP menggunakan dua klep, dan di paten terbaru ini ada dua pasang klep alias empat klep.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara detail, mesin ini akan semakin kompetitif dan bersaing dengan mesin Variable Valve Actuation (VVA) milik Yamaha Nmax. Perlu diketahui mesin si garpu tala ini sedari awal sudah menggunakan mesin dengan empat klep, dengan pengaturan pembukaan klep dengan sistem otomatis diatur VVA.
 
Paten Mesin Baru Honda PCX Usung Teknologi Mobil
 
Kembali ke mesin Honda, dengan penambahan jumlah klep ini akan berpengaruh terhadap campuran udara dan bahan bakar yang disemprotkan ke dalam mesin. Efeknya dengan semakin banyak dan besar klep, akan semakin banyak udara dan bensin yang dibakar, dan membuat tenaga yang dihasilkan semakin besar.
 
Efek lainnya adalah membuat mesin semakin boros bahan bakar. Mengatasi hal tersebut, Honda bisa memanfaatkan teknologi VTEC untuk mengatur bukaan klep yang didasarkan atas putaran mesin dan setting dari ECU. Sehingga diharapkan mesin terbaru Honda ini bisa meningkatkan tenaga namun tetap irit bahan bakar.
 
Sekarang ini mesin 150 cc eSP PCX hanya menyemprotkan tenaga 14,4 daya kuda dan torsi 13,2 nm. Harus diakui tenaga yang dihasilkan masih kalah dari mesin Nmax 155 cc, 1-silinder, SOHC, fuel injection dengan tenaga 15 daya kuda dan torsi 14,4 nm.
 
Soal harga, saat ini PCX masih ditawarkan dengan harga Rp28,9 juta-Rp42,1 juta (the road Jakarta). Sedangkan Nmax dibanderol Rp27,5 juta-Rp31,1 on (the road Jakarta). Hanya saja belum diketahui kapan mesin ini akan diterapkan di PCX, dan menarik dinanti kehadirannya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif