Paket Aero Sah Buat World Superbike 2018
Piranti aerodinamika seperti winglet boleh digunakan di WSBK. Aprilia
Barcelona: Komisi balap superbike (SBK) sudah ketuk palu terkait ubahan regulasi balap untuk musim 2018. Salah satu aturan yang sudah ditetapkan adalah kemungkinan penggunaan paket aerodinamika untuk balap superbike.

Selain menetapkan batasan putaran mesin maksimal dan harga komponen yang digunakan, komisi balap memberikan lampu hijau untuk penggunaan piranti aerodinamika. Aturan inilah yang memungkinkan pengunaan paket aero seperti di balap MotoGP.

Terkait aturan baru ini, piranti aerodinamika wajib yang terpasang pada motor yang sudah terhomoligasi. Artinya, hanya motor superbike produksi massal yang sudah dilengkapi paket aero tersebut boleh menggunakannya untuk balap.

Piranti aerodinamika seperti ini sangat penting pada motor-motor balap modern yang semakin kencang. Fungsinya untuk mengurangi efek terangkatnya roda depan saat akselerasi.


Di satu sisi, hanya ada beberapa pabrikan peserta World Superbike yang sudah dibekali komponen itu, misalnya ada Aprilia RSV4 RF. Namun bisa jadi pabrikan lain akan mengembangkan superbike anyar mereka dengan paket aero agar bisa dipakai balap WSBK.

Komponen ini merupakan pengganti komponen winglet yang sudah dilarang di balap MotoGP karena dianggap membayakan rider lain. Namun regulator membolehkan selama itu menjadi rangkaian dari komponen bodi. Atau menjadi satu kesatuan pada fairing, bukan komponen terpisah yang menonjol keluar fairing.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360