Ilustrasi motor listrik. Grab
Ilustrasi motor listrik. Grab

Motor Listrik

Cara Bikin Harga Motor Listrik Lebih Murah, Gini Skemanya

Otomotif industri otomotif motor listrik
Ekawan Raharja • 30 November 2020 11:00
Jakarta: Sejumlah merek sepeda motor di Indonesia kini sudah mulai memasarkan sepeda motor listrik, dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Bahkan ada kemungkinan juga harga jualnya bisa ditekan lebih jauh apabila menggunakan ide yang dimiliki oleh Peneliti dari UI.
 
Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat UI (LPEM UI), Riyanto, menyebutkan harga motor listrik yang ada sekarang ini tidak jauh berbeda dengan banderol motor konvensional. Ia mencontohkan Gesits saat ini memiliki harga sekitar Rp27 jutaan, Viar Q1 sekitar Rp18 jutaan, atau Honda PCX hybrid kisaran Rp40 jutaan.
 
Nah untuk menurunkan harga jualnya, produsen bisa tidak menyertakan baterai ke dalam paket penjualan sepeda motor. Sebagai gantinya, konsumen bisa melakukan sistem sewa sehingga menurutnya skema itu bisa lebih murah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Harganya lebih murah, tapi baterainya tidak dimiliki konsumen. Baterainya disewa aja. jadinya kan pakai battery swap, disewa per hari berapa misalnya,” ujar Riyanto melalui diskusi Diskusi Virtual Industri Otomotif.
 
Skema ini jelas membutuhkan kajian yang lebih mendalam dan intensif. Namun menurut studi LPEM UI, ongkos skema tukar baterai tak boleh lebih dari Rp200 ribu per bulan.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif