Penyakit Motor yang Jarang Dicuci
Jasa pencucian motor panen pada musim hujan. MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Menganggap sepele kebersihan sepeda motor? Sebaiknya jangan. Sebab kotoran ternyata bisa membuat kinerja sepeda motor menjadi tidak optimal dan menjadi tidak nyaman saat digunakan.

Kotoran yang hinggap di sepeda motor salah satunya yang mempengaruhi fungsi rem belakang, terutama yang masih menggunakan tromol. 

Nantinya kotoran bisa mengakibatkan rem belakang mengeluarkan bunyi berdecit. Bunyi tersebut diakibatkan debu atau kotoran yang bergesekan di kampas rem dan tromol sehingga kerja rem menjadi kurang maksimal.
 
“Biasanya bunyi berdecit akibat debu dan kotoran di tromol dan kampas rem. Sehingga akan menyebabkan bunyi akibat gesekan pada saat berjalan,” terang mekanik Bengkel Bangbrand di bilangan Bekasi Timur, Yosie, kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu. 


Sebaiknya anda rutin membersihkan motor. Minimal seminggu sekali. Selain itu, tak lupa pula membersihkan bagian tromol yang kondisinya kotor. Terlebih motor yang sehabis dibawa melewati jalan becek dan berdebu. 

"Menjaga kebersihan tak hanya bikin motor terlihat klimis, tapi juga bikin kinerja motor lebih maksimal, motor jadi lebih awet dan kinclong. 



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id