Mesin 2 tak dan 4 tak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masingnya. Suzuki
Mesin 2 tak dan 4 tak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masingnya. Suzuki

Teknologi Otomotif

Kelebihan Kekurangan Mesin 2 Tak & 4 Tak, Bukan Sekadar Asap Knalpot

Otomotif teknologi otomotif Suzuki Motor
Ekawan Raharja • 24 Juni 2021 12:00
Jakarta: Mesin 2 tak dan 4 tak di sepeda motor memiliki proses kerja yang berbeda sehingga efek yang dihasilkan keduanya berbeda. Kedua mesin ini tentu saja memiliki Kelebihan dan Kekurangan yang ditawarkan.
 
Banyak yang menilai perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak ini hanya dari sekadar suara dan asap di knalpot. Padahal laman resmi Suzuki membeberkan ada sejumlah keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
 

- Kelebihan dan Kekurangan Mesin 2 Tak

Kelebihan mesin 2 tak diantaranya adalah jumlah komponen mesin 2 tak lebih sedikit daripada mesin 4 tak. Artinya, dalam hal ini biaya produksi untuk sepeda motor dengan mesin 2 tak lebih murah dibandingkan biaya produksi motor dengan mesin 4 tak.
 
Tenaga yang dihasilkan mesin 2 tak lebih besar jika dibandingkan dengan mesin 4 tak. Sedangkan kekurangannya adalah mesin 2 tak membutuhkan oli tambahan. Mesin 2 tak lebih cepat panas karena lubang buang mesin 4 tak tidak berada di bagian silinder.
 
Kekurangan lainnya adalah pada motor 2 tak bahan bakar yang dikeluarkan lebih banyak sehingga lebih boros, sedangkan pada mesin 4 tak lebih hemat energi. 
 
Halaman Selanjutnya
  - Kelebihan dan Kekurangan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif