Valentino Rossi menganggap bahwa penting untuk memanajemeni tim MotoGP seperti di ajang Formula One. Yamaha
Valentino Rossi menganggap bahwa penting untuk memanajemeni tim MotoGP seperti di ajang Formula One. Yamaha

Rossi: Tim Balap MotoGP, Wajib Punya Banyak SDM

Otomotif valentino rossi balap motor yamaha
Ahmad Garuda • 06 Februari 2019 18:30
Jakarta: Mengunjungi Jakarta sambil meluncurkan varian motor moped dan naked sport bike dari Yamaha, membuat Valentino Rossi melakukan sedikit curhat soal manajemen tim di MotoGP. Menurutnya, penting bagi tim balap di kelas MotoGP memiliki sumber daya manusia yang banyak.
 
Ia menganggap saat ini, MotoGP tak lagi hanya riset sistem mekanis penggerak motor saja. Melainkan banyak hal yang saling terkait. Beberapa di antaranya adalah soal sistem elektronik yang menjadi kunci keberhasilan tim-tim besar seperti Honda dan Ducati. Kemudian juga sistem aerodinamika yang sangat komplek dan bisa berubah tergantung dari kondisi sirkuit.
 
"Sekarang, pola pikir dan manajemen tim-tim balap di MotoGP sudah berubah. Kita ambil contoh Ducati, mereka mempunyai struktur tim yang sangat gemuk dan sumber daya manusianya seperti tim balap Formula One (F1). Ada yang bertugas mengembangkan area ini ada yang di area itu, sehingga keluhan dari pembalap cepat terselesaikan dan ada solusinya," klaim Rossi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan bahwa kondisi ini pun sedang dilakoni tim Yamaha untuk membuat respon tim lebih cepat. Terutama dalam hal riset di musim berjalan. Mengingat tim Yamaha punya potensi bagus di awal musim begitu juga hasil risetnya. Namun ketika musim berjalan, tim-tim rival bekerja cepat merealisasikan riset, Yamaha justru tak begitu agresif soal riset.
 
Namun pola kerja tim yang mulai berubah ini, membuat kedua pembalapnya cukup optimis bisa meraih hasil bagus. Terutama soal riset di musim berjalan yang selalu mereka suarakan.
 
Apalagi Honda dan Ducati juga cukup lihai soal perekrutan SDM yang paham betul karakter Magnetti Marelli sebagai pemasok ECU (perangkat keras dan lunak) yang digunakan di MotoGP. Sekarang tinggal melihat pembuktiannya selama sesi tes berlangsung.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi