SPI bekerja sama dengan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) kini sedang menggelar Gelis Tuner Competition. NMAA
SPI bekerja sama dengan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) kini sedang menggelar Gelis Tuner Competition. NMAA

Motor Listrik

Gelis Bisa Jadi Ikon Kendaraan Listrik di Masyarakat

Otomotif motor listrik
Ekawan Raharja • 19 Juli 2020 09:12
Jakarta: Semangat PT Solar Panel Indonesia (SPI) memasyarakat Gerobak Listrik (Gelis) mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Fungsi Gelis sebagai kendaraan bantuan untuk usaha mikro dan kecil masyarakat bisa menjadi corong untuk mensosialisasikan kendaraan listrik kepada masyarakat.
 
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI, Putu Juli Ardika, menyebutkan bisa menjadi sebuah ikon dan memasyarakatkan kendaraan listrik ke banyak orang. Mengingat kemampuan serta fungsi yang ditawarkan sangat strategis dan sangat bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level grass root untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif. Introduksi Gelis sekaligus akan menjadi media kreativitas bagi modifikator mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts ,” jelas Putu Juli Ardika melalui webinar Jumat (17/7/2020).
 
Selain itu, kontes modifikasi Gelis Tuner Competition bisa memacu kreativitas serta potensi-potensi yang ada di masyarakat. Sebagai contoh nanti gelis bisa disematkan panel surya untuk menyerap panas dan diolah menjadi tenaga listrik.
 
"Sambil jualan bisa menangkap sinar matahari untuk mencatu daya baterai. Saat gerobak listrik dibawa pulang, energi bisa digunakan untuk penerangan atau hal produktif lainnya," sambung Putu.
 
"Misalkan ada masyarakat yang susah belajar karena lampu kurang sesuai, maka dengan teknologi ini dapat penerangan yang bagus. Proses pembelajaran tentu akan berbeda, jadi banyak harapan dari kegiatan ini, kami sangat percaya."
 
SPI bekerja sama dengan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) kini sedang menggelar Gelis Tuner Competition. Dalam kegiatan ini dipilih 3 modifikator terbaik yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya. Mereka ditantang untuk membuat konsep modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik.
 
Ketiga modifikator telah menerima kendaraan roda tiga listrik Gelis berjenis DC motor 800W beberapa waktu lalu, dan uang tunai Rp 15 juta yang menjadi nilai modifikasi yang akan dikerjakan. Nantinya, ketiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis tersebut akan diluncurkan di Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, 10 Oktober mendatang, dengan memperebutkan Piala Menteri Perindustrian RI.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif