Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial pertama di Jawa Timur berlokasi di halaman kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu, Jalan dr Soetomo, Surabaya. Medcom.id/Amal
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) komersial pertama di Jawa Timur berlokasi di halaman kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) Embong Wungu, Jalan dr Soetomo, Surabaya. Medcom.id/Amal

Motor Listrik

Surabaya Persiapkan SPKLU dengan Panel Surya

Otomotif industri otomotif motor listrik
Ekawan Raharja • 09 November 2020 15:00
Surabaya: Indonesia kini sedang menatap masuk ke dalam era industri otomotif berbasis tenaga listrik. Sebelum benar-benar memasuki era ini seutuhnya, infrastruktur terus dikembangkan demi menunjang mobilitas kendaraan listrik, termasuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). 
 
Di Surabaya bahkan sedang mengembangkan SPKLU dengan memanfaatkan solar panel. Rencananya, daya untuk pengisian baterai sepeda motor listrik didapat dari panel surya yang digabungkan dengan sumber tegangan dari grid Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
“Nantinya, stasiun pengisian baterai sepeda motor listrik dilengkapi dengan web box untuk keperluan komunikasi data agar pemilik stasiun dapat memonitor secara real time dan panel interface untuk keperluan billing (struk penagihan) pelanggan,” ujar Kepala Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand) Surabaya, Aan Eddy Antana, dikutip dari situs Kementerian Perindustrian.
 
Penggunaan sepeda motor listrik diharapkan memberikan beberapa nilai positif. “Misalnya dari sudut pandang energi, penggunaan kendaraan listrik juga ramah lingkungan dan efisien serta menawarkan alternatif bahan bakar untuk memperkuat ketahanan energi. Dari sudut pandang transportasi, kendaraan listrik memungkinkan sistem transportasi cerdas yang akan meningkatkan utilitas dan keamanan jalan,” paparnya.
 
Aan menambahkan, berkaitan dengan stasiun pengisian baterai sepeda motor listrik, Baristand Surabaya juga akan mengupayakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sehingga dapat terpasang pada tempat-tempat strategis. “Kami berharap stasiun pengisian sepeda motor listrik ini ke depan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum,” terangnya.
 
Halaman Selanjutnya
  Hal ini tentu saja…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif