Ilustrasi SIM C. MI/Arya Manggala
Ilustrasi SIM C. MI/Arya Manggala

SIM

Kepolisian Masih Godok Penerapan Penggolongan SIM C

Otomotif sim
Ekawan Raharja • 24 November 2020 09:00
Jakarta: Belakangan ini kembali ramai isu mengenai penggolongan Surat Izin Mengendarai (SIM) C berdasarkan kapasitas mesin motor. Hingga sekarang ini, peraturan mengenai pembagian SIM ini masih di bahas oleh berbagai pihak.
 
Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, Kombes Jati, menjelaskan pembagian SIM ini sudah diatur Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016. Namun untuk detailnya masih di dalam pembahas.
 
"Sistem ujian dalam kajian penyempurnaan. Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 9 tentang Surat Izin Mengemudi dalam revisi," tulis Kombes Jati, Senin (23/11/2020) melalui pesan singkatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perkap Nomor 9 tahun 2012 di pasal 7 (d) menyebutkan tiga klasifikasi SIM C. Namun belum ada pengkategorian seperti SIM CI maupun CII, semua dipukul rata SIM C.
 
Sedangkan PP Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 sudah menyebutkan soal SIM C, SIM I, dan SIM II di 'Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia'.
 
Pembahasan mengenai penggolongan SIM C berdasarkan ukuran mesin pertama kali sudah pernah digaungkan pada tahun 2016. Untuk SIM ini nantinya menjadi 3 kelompok. SIM C berlaku untuk motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc, SIM C I untuk 251-500 cc, dan SIM C II untuk di atas 500 cc.
 
(ERA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif