Ujung anak kunci bisa rusak karena usia pakai. Medcom.id
Ujung anak kunci bisa rusak karena usia pakai. Medcom.id

Penyebab Kunci Pengaman Magnet Rusak

Otomotif perawatan kendaraan
M. Bagus Rachmanto • 26 Agustus 2019 08:50
Jakarta: Saat ini sudah banyak sepeda motor yang mengaplikasi rumah kunci dengan pengaman magnet. Diawali oleh Honda yang menyebutnya dengan key shutter lock.
 
Cara membuka rumah kunci pun dengan memutarkan bagian rumah kunci, dengan ujung anak kunci yang berisi kombinasi magnet. "Kombinasi magnet pada ujung anak kunci ada kutub U dan S," terang Yosi pemilik bengkel motor Bengbrand, yang praktek di bilangan Bekasi Timur, beberapa waktu lalu.
 
Lalu karena usia pakai atau saat memutar penutup tidak tepat, ujung anak kunci yang memiliki bentuk mirip segiempat itu akan aus atau membulat. Belum lagi jika magnet pada ujung anak kunci hilang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika masih ada kunci cadangan, tentu bisa digunakan. Tapi lain ceritanya jika kunci utama dan cadangan dalam konsisi rusak. "Kalau seperti itu harus ganti satu set berikut rumah kuncinya, tidak bisa beli anak kuncinya saja meski ada kode kuncinya," sambung Yosi.
 
Tapi pria ramah ini mengatakan, untuk solusi mudah dan kepepet karena dana terbatas, bisa membawa kunci yang rusak ke ahli kunci. Beberapa ahli kunci sudah ada yang bisa menangani masalah ini.
 
"Nanti mereka tinggal mencari kombinasi magnet U dan S saja pada anak kuncinya," sarannya. Biaya yang dikeluarkan pun jadi lebih hemat.
 
Namun tidak semua kunci magnet, solusinya sama. Apalagi yang dilengkepi dengan sistem immobilizer. Tentu akan berhubungan dengan mesin lantaran ada sensornya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif