Mansetus Balawala bersama beberapa rekannya mendirikan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) NTT. Shell
Mansetus Balawala bersama beberapa rekannya mendirikan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) NTT. Shell

Menembus Alam Larantuka Bersama Kuda Besi Demi Kemanusiaan

Otomotif klub motor
Ekawan Raharja • 19 Juni 2019 16:38
Jakarta: Mendaki bukit, menyeberangi lautan, hingga terjebak di tengah lumpur dengan sepeda motor menjadi bagian dari keseharian hidup seorang Mansetus Balawala. Dia hidup atas dasar kemanusiaan dengan menjadi relawan kesehatan di Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT), demi memberikan akses kesehatan bagi masyarakat di sekitarnya.
 
Dia sehari-hari menservis sepeda motor yang digunakan oleh para bidan, dokter, manteri untuk menjalankan tugas mereka ke berbagai daerah pelosok sekitar Larantuka. Meski Mansetus Balawala tidak memiliki latar belakang pendidikan kesehatan, namun hati kecilnya tidak bisa dibatasi untuk memberikan bantuan berupa memberikan pinjaman sepeda motor dan servis secara cuma-cuma kepada para pengabdi kesehatan di Larantuka, kampung halamannya tercinta.
 
"Di awal 2000, angka kematian ibu dan anak di Flores sangat tinggi. Hal itu terjadi karena sering sekali keterlambaan petugas kesehatan untuk membantu masyarakat yang tertinggal di pelosok, kurangnya transportasi yang memadai dan kondisi medan yang cukup menantang untuk dilalui," cerita Mansetus Balawala Rabu (19/6/2019) di Panhead Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Larantuka adalah sebuah kecamatan yang sekaligus ibukota kabupaten Flores Timur, salah satu dari empat pulau besar di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara geografis, Larantuka berada di bawah kaki gunung Mandiri yang merupakan wilayah pesisir. Sebagian masyarakat Larantuka masih tinggal di daerah perbukitan yang minim akses transportasi.
 
Menembus Alam Larantuka Bersama Kuda Besi Demi Kemanusiaan
 
Tak jarang di masa lalu, para petugas kesehatan harus berjalan hingga belasan atau puluhan kilometer untuk mencapai tempat tujuan pasien berada. Tidak sedikit juga pasien yang menanti di pulau-pulau kecil sekitar Larantuka dan kemudian telat mendapatkan bantuan kesehatan.
 
Kenyataan ini akhirnya mendorong Mansetus Balawala bersama kelompoknya melakukan langkah nyata untuk menolong masyarakat. Pada 2002, Mansetus Balawala bersama beberapa rekannya mendirikan Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) NTT. Yayasan ini memperkenalkan program peminjaman sepeda motor untuk membantu kegiatan operasional petugas kesehatan di lapangan. Cara ini diharapkan dapat membantu mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat dan menolong lebih banyak jiwa.
 
“Dengan mengendarai sepeda motor, para bidan, mantri, dan dokter dapat lebih cepat dan lebih mudah menjangkau warga terutama saat situasi mendesak," sambung pria humanis ini.
 
Upaya Mansetus Balawala tak hanya sampai disitu karena ia juga memberikan pelatihan berkendara bagi bidan dan mantri, serta menyediakan jasa bengkel gratis bagi motor-motor yang dipinjamkan kepada petugas.
 
Menembus Alam Larantuka Bersama Kuda Besi Demi Kemanusiaan
 
Terkadang Mansetus Balawala juga ikut membantu mengantarkan dokter dan bidan setempat menembus wilayah pedalaman untuk memberikan pelayanan kesehatan. Hingga saat ini Mansetus Balawala dan komunitasnya telah mendukung pelayanan kesehatan kepada lebih dari 32 ribu penduduk di 44 desa di Larantuka, NTT.
 
Hingga saat ini, YKS NTT telah memiliki 14 sepeda motor yang siap membantu para petugas kesehatan mendatangi dan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Larantuka.
 
"Nanti Bulan depan, rencananya sepeda motor yang kita gunakan sekarang ini akan diganti. Jika sekarang menggunakan model bebek, nanti akan diganti dengan model trail Honda CRF150."
 
Aksi pria asli Larantuka ini juga mendapatkan perhatian dari Shell Lubricants yang merasakan kesamaan visi dengan Mansetus Balawala. Terlebih perusahaan pelumas ini memiliki kampanye Libas Tantangan Kita dengan memberikan dukungan, menyebarkan semangat positif, dan mengajak para pengendara sepeda motor untuk ikut di kampanye #LibasTantanganKita dengan berani melibas tantangan dan melalui rintangan untuk membantu sesama.
 
“Pak Mansetus telah menginspirasi dan memberikan energi positif bagi pemuda setempat untuk menjadi penakluk keterbatasan. Melalui kampanye Libas Tantangan Kita, kami berharap dapat memacu semangat para pengendara motor untuk dapat bergerak memberikan dampak positif untuk komunitasnya. Di saat yang sama, Shell Advance berharap dapat mendukung Pak Mansetus dan pelibas tantangan lain dengan memberikan perlindungan menyeluruh untuk mesin motor mereka agar mampu melibas tantangan saat berkendara,” tutup Direktur Pelumas PT Shell Indonesia, Dian Andyasuri, dikesempatan yang sama.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif