Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di pembukaan IIMS Motobike 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, di pembukaan IIMS Motobike 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja

Pameran Otomotif

Harapan Pemerintah Terhadap Industri Sepeda Motor

Otomotif pameran otomotif
Ekawan Raharja • 29 November 2019 15:05
Jakarta: Industri otomotif, khususnya sepeda motor, merupakan salah satu sektor andalan ekonomi Indonesia. Bahkan pemerintah menaruh harapan besar terhadap industri sepeda motor yang cukup besar setiap tahunnya.
 
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menerangkan Industri sepeda motor saat ini telah berkembang dan memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja. Dari sisi produksi dan penjualan sepeda motor nasional sejak tahun 2010-2018 telah mencapai rata-rata di atas 6,5 juta unit per tahun. Tentu di dalamnya banyak komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi.
 
"Saya sampaikan produksi sepeda motor periode Januari -Oktober 2019 tercatat sebesar 6,2 juta unit, dimana penjualan domestik sebesar 5,5 juta unit dan ekspor sebesar 682 ribu unit. Negara utama tujuan ekspor diantaranya Filipina, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Vietnam, Jepang, Eropa Barat, dan Amerika Latin," ungkap Agus Gumiwang Kartasasmita Jumat (29/11/2019) di sela-sela pembukaan IIMS Motobike 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga berharap, industri kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor terus berkembang dari tahun ke tahun. Pemerintah menargetkan industri sepeda motor dalam negeri bisa menghasilkan 10 juta unit pada 2025.
 
Kemudian untuk ekspor, diharapkan target 1 juta unit sepeda motor per tahun di 2025 dicapai. Pemerintah juga mentargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional atau sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025 adalah sepeda motor listrik.
 
Terkait dengan IIMS Motobike 2019, dia berharap acara ini tidak hanya sekadar wadah pemegang merek kendaraan roda dua dan aftermarket untuk berbagi informasi seputar produk dan inovasi terbaru mereka kepada para pecinta motor di tanah air. "Ajang ini semoga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mendorong masyarakat agar beralih ke green energy dengan beberapa program andalan antara lain EcoMoving dan Electric Morning Ride."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif