Honda PCX Electric. Honda
Honda PCX Electric. Honda

Kendaraan Listrik

Bersiap Ekspansi Motor Listrik, Honda Aplikasikan Tukar Baterai

Ekawan Raharja • 14 September 2022 12:00
Jakarta: Honda sudah mengumumkan akan menghadirkan 10 model sepeda motor listrik pada tahun 2025 dan dalam lima tahun ke depan. Selain itu, mereka pun sudah memiliki cara untuk mempermudah konsumen dalam pengisian daya baterai kala sudah habis terpakai.
 
Menurut laporan yang diterima, pabrikan asal Jepang ini akan melakukan penguatan infrastruktur pengisian daya dan standardisasi spesifikasi baterai. Dari segi penguatan infrastruktur, perusahaan berupaya untuk mempopulerkan sistem battery sharing atau battery Swap.
 
Di India, mereka sedang merencanakan untuk memulai layanan battery sharing untuk taxi tiga roda elektrik pada akhir tahun ini. Kemudian rival dari Yamaha ini juga sedang merencanakan untuk mengekspansi inisiatifnya dalam mempopulerkan sistem battery sharing ke negara-negara Asia lainnya.
 
Di Jepang, pada April tahun ini, ENEOS Holdings Inc dan empat perusahaan besar produsen sepeda motor bekerja sama dan tergabung dalam Gachaco Inc yang akan menyiapkan layanan berbagi menggunakan battery swap yang terstandarisasi untuk sepeda motor listrik, sekaligus mengembangkan infrastruktur untuk layanan ini. Perusahaan berencana memulai layanan battery sharing pada musim gugur ini.
 
Sedangkan untuk di Indonesia, mereka telah membentuk joint venture untuk mengoperasikan layanan battery sharing dengan memanfaatkan Mobile Power Pack (MPP) dan sepeda motor yang ditenagai oleh MPP. Perusahaan joint venture tersebut saat ini mengoperasikan layanan battery sharing di Bali.
 
Kemudian untuk baterai yang digunakan juga diperhatikan kualitasnya. Honda lantas membuat standarisasi baterai yang digunakan untuk menjaga kualitas serta keamanan penggunanya.
 
Di mulai dari Jepang, 4 perusahaan produsen sepeda motor telah menyepakati spesifikasi umum untuk baterai swap berdasarkan panduan JASO TP21003. Kemudian di India, perusahaan sedang mengupayakan untuk melakukan standarisasi battery swap sekaligus berpartisipasi dalam konsorsium baterai di Eropa.

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif