Bekerja sama dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), pabrikan ini menyasar sekolah yang punya kualifikasi A ke atas sebagai syarat pembuka untuk bisa masuk kualifikasi TEFA. AHM
Bekerja sama dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), pabrikan ini menyasar sekolah yang punya kualifikasi A ke atas sebagai syarat pembuka untuk bisa masuk kualifikasi TEFA. AHM

Diincar AHM, Begini Jadinya Sekolah Berprestasi Punya Kualitas Bengkel Resmi

Ahmad Garuda • 02 Desember 2022 19:11
Dunia vokasi kini mendapat penguatan tersendiri dari industri otomotif. Tak sekadar mencari sekolah binaan dengan menitipkan kurilulum khusus untuk teknik otomotif seperti sepeda motor, namun kini lebih jauh dari itu sudah mengincar kualitas sekolah tertinggi. Seperti yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) saat meresmikan Teaching Factory (TEFA) di SMK binaan mereka. 
 
Bekerja sama dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), pabrikan ini menyasar sekolah yang punya kualifikasi A ke atas sebagai syarat pembuka untuk bisa masuk kualifikasi TEFA. Pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bisnis layanan purna jual sepeda motor ini mulai diimplementasikan di SMK PGRI 2 Kabupaten Badung, Bali sebagai SMK yang menjadi Pos AHASS TEFA pertama di pulau Dewata. 
 
Peresmian sekolah ini sebagai Pos AHASS TEFA pada Sabtu (2/12/2022) melengkapi 6 sekolah lainnya yang lebih dulu menjadi hal yang sama di wilayah Bekasi – Jawa Barat, Takalar – Sulawesi Selatan, Bandar Lampung – Lampung, Banyuwangi – Jawa Timur, Sintang - Kalimantan Barat, dan Tangerang – Banten. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan peresmian pos ini merupakan salah satu penanda komitmen tinggi mereka di dunia vokasi. Program ini diharapkan dapat semakin meningkatkan keterampilan serta pengetahuan siswa yang sejalan dengan kebutuhan di dunia industri, terutama di bidang layanan purna jual sepeda motor.
 
Baca Juga:
Unik, Konsumen BMW Senang Kalau Mobilnya Inden

 
“Program ini merupakan bentuk pengenalan awal bagi peserta didik agar lebih siap menghadapi industri baik secara pengalaman, pengetahuan, serta keterampilan yang dikemas dengan profesional. Kami berharap program ini dapat menghasilkan generasi muda yang unggul dan siap berkompetisi,” ujar Muhib. 
 
Konsep TEFA ini hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK). Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah memiliki sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2 serta fasilitas pendukung lainnya. AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA, demi menjamin kepuasan konsumen.
 
Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda. Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, teknisi AHASS mitra akan memastikan setiap proses pengerjaan dan hasil kerja siswa yang dilakukan di Pos AHASS TEFA
 
Perkuat Kompetensi Guru dan Fasilitas Pendukung
Untuk semakin memperkuat kompetensi pada sekolah yang diembankan program ini, AHM melakukan pembekalan khusus terhadap 28 guru pembimbing sekolah yang mengimplementasikan TEFA di Safety Riding and Training Center AHM ,Cikarang – Jawa Barat (1-3/11). Para guru mendapat berbagai bekal pengetahuan seputar manajemen operasional dan layanan bengkel yang akan diterapkan kepada para siswa dalam belajar di pos itu, seperti teknis perbengkelan, palayanan komplain, administrasi dan keuangan perbengkelan, serta tata kelola suku cadang. 
 
Baca Juga:
Siapkan Mobil, IMX Kembali pada September 2023

 
Pada akhir sesi pembelajaran, para peserta mendapatkan materi pengetahuan peraturan ketenagakerjaan serta Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sebagai dasar pengelolaan SDM. Selain itu, AHM juga melengkapi dukungan pembinaannya melalui bantuan 125 sepeda motor Honda yang disalurkan sepanjang tahun ini kepada SMK binaan AHM di seluruh Indonesia. 
 
Serah terima unit sepeda motor pada tahun ini akan ditutup melalui kegiatan di SMK Islam Sabilal Muhtadin, Balikpapan (9/12) dengan memberikan 7 unit sepeda motor di area Kalimantan Timur yang akan dimanfaatkan sebagai materi belajar praktik. 7 unit sepeda motor tersebut akan diserahterimakan pada SMK Islam Sabilal Muhtadin, Balikpapan, SMKN 1 Tapin Selatan, SMK Muhammadiyah 2 Banjarmasin, SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru, SMKN 3 Kuala Kapuas, SMKN 1 Sungai Tabuk, dan SMKN 2 Marabahan.
 
(UDA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif