Yamaha Indonesia pastikan Galang Hendra naik ke kelas balap World Supersport 600 untuk musim balap 2020. YIMM
Yamaha Indonesia pastikan Galang Hendra naik ke kelas balap World Supersport 600 untuk musim balap 2020. YIMM

World Supersport 600

Yamaha Pastikan Galang Hendra Naik Kelas ke WSSP600

Otomotif balap motor
Ahmad Garuda • 24 Desember 2019 09:54
Jakarta: Harapan Galang Hendra Pratama untuk naik ke kelas balap World Supersport 600 setelah menjajal serunya balapan di kelas WSSP300 dua musim sejak 2018, akhirnya terwujud juga. Melalui surat elektronik yang masuk ke meja redaksi, Yamaha Indonesia memastikan pembalapnya itu naik ke kelas WSSP600 untuk 2020.
 
Tentu ini menjadi kabar menggembirakan bagi Galang. Lantaran bisa dibilang ini menjadi ajang pembuktiannya ke ajang balap dunia. Di momentum berbeda beberapa hari lalu, pembalap asal Yogyakarta itu pun sudah melakukan konfirmasi langsung melalui akun Instagram resminya.
 
Pengumuman ini dilakukan Yamaha Indonesia lantaran mereka sudah mendapat konfirmasi dari Yamaha Motor Europe (YME) yang resmi mengumumkan pembalapnya untuk 2020. Dinaungi tim bLu cRu Yamaha, Galang akan ditemani oleh Andy Verdoia (17 tahun, asal Prancis) di bawah bendera tim MS Racing. Ini menjadi bagian penting dari program tim tersebut sejak berdiri 2017 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini benar-benar pengumuman yang sangat ditunggu-tunggu dan kami bangga mengumumkan bahwa pembalap muda kami yaitu Galang Hendra akan memasuki level yang lebih tinggi. Ia akan bertarung di 13 seri balapan menggunakan YZF-R6 yang merupakan salah satu model Super Sports unggulan Yamaha di kelas tertinggi," ungkap President Director & CEO, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto.
 
Masuknya Galang di level WorldSSP, diklaim tak lepas dari prestasi cemerlang yang selama ini ditunjukannya ketika masih membalap di WorldSSP300. Salah satu prestasi yang paling fenomenal adalah ketika berhasil merebut top podium saat turun sebagai Wild Card di putaran ke-9 WorldSSP300 seri Jerez, Spanyol, tahun 2017.
 
Catatan prestasi apik Galang berlanjut di 2018 dengan keluar sebagai juara di Brno, Republik Ceko dan berhasil meraih posisi Runner-Up pada Tissot Superpole, Pirelli Best Lap serta menempati posisi ke-7 pada klasemen akhir WorldSSP300 musim balap 2019.
 
Meskipun ini merupakan debut pertamanya membalap di kompetisi dunia dengan motor berkapasitas 600 cc, namun pembalap asal Yogyakarta tersebut sangat antusias menyambut tantangan baru dan siap berjuang lebih keras agar tampil semakin kompetitif.
 
“Saya sangat senang akhirnya mengumumkan bahwa tahun depan saya akan naik YZF-R6 di WSSP600. Ini merupakan tantangan yang baru, motor baru dan tentunnya semangat yang baru,” girang Galang.
 
Dua pembalap muda bLU cRU Yamaha akan memulai transisi ke level yang lebih tinggi dengan mengikuti tes pramusim pertama mereka di Jerez, Spanyol, menggunanakan motor YZF-R6. Tes pramusim tersebut di jadwalkan berlangsung pada 22 Januari mendatang.
 
Hal serupa juga dilakukan oleh Honda dengan memberikan kesempatan kepada Andi Farid Izdihar (Andi Gilang) untuk bertarung di ajang balap dunia Moto2 World Championship. Sementara Kawasaki masih setia menempatkan pembalapnya di ajang balap Asia Road Racing Championship melalui AM Fadli juga di kelas SSP600.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif