250 Vespa Siap Kawal Obor Asian Games 2018
Komunitas Vespa bakal kawal kirab obor Asian Games 2018 di Jakarta. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Komunitas otomotif nasional berpartisipasi aktif dalam menyambut perhelatan besar olahraga se-Asia yaitu Asian Games 2018 di Indonesia. Tak jarang dari mereka menawarkan diri ke penyelenggara agar menjadi bagian dari ajang bergengsi Asia itu. Seperti yang dilakukan iVespa, komunitas induk pengguna Vespa dan Piaggio di Jakarta itu, bakal ambil bagian dalam kirab obor Asian Games.

Dari data yang mereka paparkan saat menggelar jumpa pers pada Ahad petang (12/8/2018) tadi, tak kurang dari 250 Vespa modern yang bahan bodinya mengandung plastik, bakal ikut bagian. Mereka akan mewakilkan masing-masing area pengguna Vespa di DKI Jakarta sehingga perjalanan mengawal obor Asian Games ini jadi lebih meriah.

"Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari event besar se-Asia ini. Belum tentu lagi jatah Asian Games selanjutnya, kita masih bisa ikut atau masih hidup. Jadi ini kesempatan untuk membuktikan bahwa soliditas kami di Vespa sangat kuat. Begitu juga dengan komitmen menyukseskan event yang membawa nama bangsa dan negara," papar Ketua iVespa, Arief Tobler.

Secara detail Arief melanjutkan bahwa mereka membatasi pengguna Vespa yang ikut dengan kategori modern atau disebut Vespa plastik dan bermesin 4-stroke. Hal ini berhubungan dengan kekhawatiran mereka jika peserta kirab obor terganggu dengan asap dari mesin motor 2-stroke. Sementara untuk konfigurasi warna motor, jelas bagian depan adalah motor-motor berwarna merah dan puth, lalu diikuti dengan Vespa beragam warna di bagian belakangnya.


Kesempatan langka ini juga diakui oleh Direktur Transportasi Inasgoc, Ipung Poernomo yang hadir dalam sesi jumpa pers tersebut. Ia menegaskan bahwa sebenarnya permintaan pertama iVespa bukanlah sebagai pengawal kirab obor Asian Games 2018. Melainkan sebagai seksi transportasi untuk media peliput.

"Tapi karena kami sudah bekerja sama dengan vendor lain, maka saya sempat menolak. Meski begitu dua perwakilan komunitas ini tetap setia mencari jalan agar mereka dapat bagian mengawal Asian Games ini. Ketika ada informasi tentang kirab obor, mereka pun menawarkan diri dan saya berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga mereka pun bisa ikutan di acara ini," sambut Ipung.

Dari 250 Vespa yang dialokasikan untuk ikut serta di acara ini, komunitas yang bisa bergabung ternyata tidak semuanya. Menurut Arief, bahwa meski banyak juga komunitas Vespa yang terdiri dari anak muda, namun rupanya mereka adalah karyawan aktif di sebuah perusahaan dan dipastikan tak bisa mengikuti kegiatan di hari kerja.

Terakhir, iVespa mengumumkan tentang rencana mereka untuk mengawal obor Asian Games ini akan dibagi per area. Yaitu area Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat-Barat. Ini juga sebagai bentuk dukungan kepada para atlet Indonesia yang berlaga di sana.

Dalam sesi konferensi pers ini, hadir pula mantan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Komjen Pol Purnawirawan, Drs. Nanan Soekarna yang menaruh salut kepada komunitas iVespa. Mengingat mereka bisa jadi bagian dari sejarah negara ini menggelar event olah raga tingkat Asia itu.

Sementara untuk Tangerang, kirab obor bakal dikawal oleh Motor Besar Indonesia seperti yang dilaporkan kontributor kami sebelumnya.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id