Haojue yang memamerkan paten untuk HJ150T di dunia maya. Haojue
Haojue yang memamerkan paten untuk HJ150T di dunia maya. Haojue

Saudara Kembar Honda PCX dari Tiongkok

Otomotif motor baru motor cina
Ekawan Raharja • 23 Februari 2019 09:53
Jakarta: Industri otomotif Tiongkok kerap melahirkan produk, baik mobil dan sepeda motor, yang desainnya mirip dengan produk yang sudah ada. Bahkan Honda sebagai salah satu produsen sepeda motor yang sudah terkenal tidak luput dari duplikasi yang dilakukan oleh industri otomotif Tiongkok.
 
Seperti contoh Haojue yang memamerkan paten untuk HJ150T di dunia maya. Jika melihat sepintas, skutik gambot merek Tiongkok ini memiliki kemiripan dengan Honda PCX 150 yang sudah lama beredar di Indonesia.
 
Bisa dibilang HJ150T akan menjadi model pertama Haojue untuk model skutik gambot. Mengingat tren global saat ini, tidak hanya di Indonesia, banyak produsen sepeda motor yang melahirkan model-model skutik gambot.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saudara Kembar Honda PCX dari Tiongkok
 
Kemiripan ini bisa dilihat dari bentuk body, setang naked, deck tengah, hingga lekukan jok. Sedikit perbedaan bisa dilihat dari desain lampu yang mengusung model lebih menyipit.
 
Cuma perlu diingat bahwa duplikasi yang dilakukan oleh Haojue bukanlah menjilpak tanpa izin. Newmotor.com.cn membeberkan produsen otomotif asal Tiongkok ini membeli sejumlah teknologi yang diusung oleh PCX.
 
Kemudian untuk urusan mesinnya, kemungkinan besar menggunakan mesin 150 cc. Hanya saja gambar paten ini tidak menjelaskan secara detail mesin yang akan diusung oleh kembaran PCX tersebut. Bila merujuk ke Indonesia, sepeda motor ini jelas akan bersaing dengan Yamaha Nmax dan PCX tentunya.
 
Saudara Kembar Honda PCX dari Tiongkok
 
Sedangkan untuk beberapa fitur andalannya, HJ150T akan memiliki bagasi yang luas mengingat desainnya mirip dengan saudara asal Jepang tersebut. Selain itu ada kemungkinan juga sepeda motor Tiongkok ini menggunakan sistem kunci keyless untuk varian tertingginya.
 
Di bagian kaki-kaki depan dipastikan akan menggunakan suspensi model garpu seperti lazimnya sepeda motor sekarang, dan belakangnya menggunakan model suspensi milik KYB. Berbicara pengereman, HJ150T akan menggunakan rem cakram di depan dan belakang dengan master rem satu kaliper.
 
Belum diketahui kapan HJ150T akan diproduksi dan diperkenalkan kepada publik Tiongkok. Kemungkinan besar juga sepeda motor ini juga di produksi untuk kebutuhan di dalam negeri mereka mengingat di pasar global sudah ada PCX.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi