Jenama asal Italia ini sedang mengembangkan seamless shift gearbox yang bisa digunakan untuk motor-motor yang berada di jalanan. Mereka sedang meracik bagaimana teknologi ini bisa cocok, baik dari segi ukuran, biaya, dan berat.
Seamless shift gearbox yang dikembangkan Ducati ini sebenarnya mirip dengan dual-clutch transmission yang sudah digunakan oleh Honda. Bahkan pabrikan asal Jepang itu sudah mengaplikasikan di model Africa Twin, namun ini memiliki kendala cukup rumit dan lebih cocok untuk digunakan motor touring dibandingkan motor berperforma tinggi.

Selain itu, tim pabrikan lainnya juga memiliki teknologi serupa yang sudah digunakan di MotoGP. Mereka urun membawanya ke motor produksi massal karena biayanya yang tinggi dan tentu akan berpengaruh terhadap harga jual motornya.
Kembali ke Ducati, seamless shift gearbox yang dikembangkan ini berbeda dengan sistem dual-clutch transmission yang menganut kopling ganda. Namun gearbox ini akan menggunakan kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.