Elektrik starter sepeda motor. Suzuki
Elektrik starter sepeda motor. Suzuki

Motor Sulit Distarter Padahal Aki Baru, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Otomotif tips motor perawatan kendaraan tips otomotif
Adri Prima • 08 Oktober 2021 21:31
Jakarta: Salah satu permasalahan yang sering dialami pengendara motor adalah motor sulit distarter. Terkadang hal ini juga terjadi meskipun motor sudah dipasangi aki yang baru. 
 
Elektrik starter merupakan teknologi yang lumrah pada sepeda motor zaman sekarang. Jika sepeda motor dulunya harus dinyalakan dengan kick starter mekanisme engkol, kini hanya tinggal sekali pencet tombol, mesin dapat menyala. 
 
Hanya saja elektrik starter melibatkan cukup banyak sistem kelistrikan, salah satunya adalah aki. Tanpa adanya aki yang menyimpan daya listrik, maka elektrik starter tidak akan menyala, begitu juga dengan mesin motor. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya masalah elektrik starter yang tidak menyala tidak selalu disebabkan oleh aki. Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, berikut beberapa penyebab motor susah distarter padahal aki sudah diganti baru. 

1. Masalah pada kabel dan soket


Aki lemah adalah salah satu kendala yang bisa diatasi dengan mengganti aki baru. Hanya saja masalahnya tidak selalu aki lemah. Sistem kelistrikan dan juga starter elektrik melibatkan begitu banyak kabel dan juga soket. 
 
Pemasangan kabel ini harus benar sehingga arus listrik dapat dialirkan dengan benar. Sayangnya karena getaran bahkan gigitan tikus, kabel serta soket ini bisa mengalami masalah. Kabel mungkin saja putus yang membuat aliran listrik terhenti. 
 
Lebih berbahaya lagi jika terjadi konsleting sehingga menimbulkan masalah pada komponen lain seperti lampu. Mesin tidak akan menyala dan jika memang masalahnya ada pada kabel, bukan mengganti aki solusinya tetapi perbaikan kabel. 

2. Starter elektrik kotor


Permasalahan motor sulit distarter juga bisa disebabkan starter elektrik kotor. Pada bagian tombol starter kerak sangat mudah muncul karena sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya. 
 
Ketika starter terhambat oleh kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menyalakan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sehingga membuat busi menyala. 
 
Solusi yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah yaitu membersihkan area starter listrik terlebih dahulu sebelum membongkar komponen lainnya. Kemudian coba kembali untuk menekan tombol starter. 

3. Dinamo starter bermasalah


Apabila setelah membersihkan starter mesin tetap tidak mau menyala, maka masalah bisa saja berada pada dinamo starter. Komponen ini berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel sehingga mesin dapat dinyalakan. 
 
Kerusakan dinamo starter adalah hal yang sangat langka karena komponen ini sebenarnya cukup aman. Namun kerusakan bisa terjadi karena arang kumparan atau brush terputus bahkan gosong. 
 
Halaman Selanjutnya
  4. Busi melemah …
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif