NEWSTICKER
Tim balap Yamaha di musim balap 2020. Medcom.id
Tim balap Yamaha di musim balap 2020. Medcom.id

Balap Motor

Jenjang Pembalap Indonesia, Disesuaikan dengan Kondisi

Otomotif balap motor yamaha
Ekawan Raharja • 05 Februari 2020 11:56
Cengkareng: Yamaha Indonesia di musim balap 2020 akan sangat sibuk dengan mengikuti berbagai kejuaraan balap, baik dari balapan lokal hingga balapan berstatus internasional. Tentu saja akan banyak pembalap-pembalap muda yang dibina oleh pabrikan berlogo garpu tala tersebut, dan penjenjangan karirnya akan disesuaikan kondisinya.
 
Nantinya para pembalap muda Indonesia akan disediakan berbagai jenis balapan, mulai dari One Make Race (OMR) seperti Yamaha Cup Race (YCR), Yamaha Sunday Race (YSR), dan balap ketahanan Yamaha Endurance Festival (YEF). Selain itu ada juga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix, Indonesia Motorsport Series (IMS), Oneprix Indonesia Motorprix Championship, bahkan balapan di kancah internasional melalui Asia Road Racing Championship (ARRC), dan World Supersport Championship (WorldSPP).
 
Total ada sembilan tim YRI yang akan berlaga di kompetisi Motoprix, serta 6 tim di ajang Oneprix yang menggeber MX-King 150. Sedangkan pada balapan IMS, pabrikan berlogo garpu tala ini akan menurunkan lima tim yang memacu YZF-R15 dan YZF-R25.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbicara soal penjenjangan, General Manager Technical, Service, & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, menjelaskan M. Faerozi akan mulai balapan di Asia Road Race Championship (ARRC) kelas Supersport 600cc. Hal ini cukup baginya untuk mendapatkan tantangan baru dimana sudah kenyang untuk menimba ilmu di kelas AP250 musim sebelumnya.
 
Jenjang Pembalap Indonesia, Disesuaikan dengan Kondisi
 
"Faerozi tahun lalu sudah kami tes di Suzuka 4 hours, sebenarnya finis nomor satu hanya saja kena pinalti. Dan dia bisa superpole dan padahal baru pertama kali menggunakan Yamaha R6 itu luar biasa, Jadi saya pikir tahun ini sudah saatnya dia naik kelas," ungkap Abidin Selasa (4/2/2020) di Bandara International Hotel Banten.
 
Selain M. Faerozi, Wahyu Nugroho juga mendapatkan kesempatan naik ke kelas Asia Production 250 (AP250) bersama rekan setimnya Anggi Setiawan. Nantinya keduanya akan menggunakan YZF-R25 generasi terbaru.
 
Kemudian untuk bibit muda Aldi Satya Mahendra akan tetap mencoba menunjukan hasil terbaiknya di kelas Underbone 150 (UB150). "Aldi masih terlalu kecil umurnya, masih 13-14 tahun. Jadi saya pikir posturnya kita baikin ke kelas 250cc belum pas, sehingga kita tunggu dulu usia dia 15 tahun."
 
Abidin juga masih akan melihat bagaimana penjenjangan para pembalap Yamaha, dan tidak menjanjikan semuanya bisa berlaga layaknya Galang Hendra yang bisa berlaga di World Supersport Championship (WSSP). "Tentu kita lihat peluang atau tawaran dari Yamaha Factory Racing. Kalau ada kesempatan ke MotoGP, mungkin saja itu terjadi, atau ke WSBK itu tergantung tawaran dari prinsipal. Kali ini kan tawarannya kayak Galang datangnya dari Eropa," tegas Abidin.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif