Rantai sepeda motor. Suzuki
Rantai sepeda motor. Suzuki

Komponen Otomotif

Mengenal dan Memahami Fungsi Rantai Sepeda Motor

Otomotif komponen otomotif
Ekawan Raharja • 19 Januari 2021 11:00
Jakarta: Rantai merupakan salah satu komponen sepeda motor yang penting. Komponen ini bertanggung jawab yang menyambungkan antara mesin dan roda, sehingga ban sepeda motor bisa bergerak.
 
Sebagai pemilik sepeda motor, khususnya model bebek dan sport, sebaiknya mengenal komponen satu ini. Karena semakin mengenal kondisi sepeda motor, maka akan semakin memahami bagaimana karakteristik kuda besi kesayangan.
 
Seperti yang sudah disebutkan di awal, fungsi rantai sepeda motor menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh mesin motor. Energi gerak di transmisi akan memutar gear depan beserta rantai yang akan meneruskan energi gerak tersebut ke bagian gear belakang, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki.
 
Selanjutnya, gear belakang yang terhubung dengan tenaga transmisi di roda belakang akan berputar dengan bantuan rantai sepeda motor. Perputaran roda belakang itulah yang bisa menggerakkan sepeda motor karena dapat mendorong roda depan berputar.
 
Cara kerja rantai motor tersebut dibantu oleh bagian-bagian yang ada padanya. Bagian-bagian tersebut akan menunjang kinerja mesin sepeda motor.
 
Halaman Selanjutnya
  Jadi jika ini bermasalah,…
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif