Motor empat roda Qooder resmi masuk Indonesia. Medcom.id/Ahmad Garuda
Motor empat roda Qooder resmi masuk Indonesia. Medcom.id/Ahmad Garuda

Motor 4 Roda Qooder, Hadir di Indonesia

Otomotif motor baru
Ahmad Garuda • 13 Desember 2019 19:40
Jakarta: Brand motor empat roda asal Swiss yaitu Qooder, resmi masuk Indonesia. Motor dengan sistem penggerak dua roda belakangnya itu, lebih dulu eksis di pasar global dan cukup ikonik. Lantaran punya sistem kerja hidrolis di kaki-kaki yang cukup unik.
 
Menurut Direktur Utama PT G-Force Republic, Budi Kurniawan, bahwa ambisi mereka menghadirkan motor yang ikonik di Indonesia sudah dipelajari selama 18 bulan terakhir. Mengingat ini bukan hal mudah bagi mereka. Namun komitmen untuk menghadirkan produk yang dibuat di Taiwan itu yang teramat besar, pun terwujud pada akhir 2019.
 
“Ini menjadi komitmen besar bagi kami untuk menghadirkan produk ikonik di Indonesia. Mengingat pasar sepeda motor masih tetap menggeliat. Terutama untuk kategori big bike. Untuk itu kami sangat optimis menghadirkan Qooder sebagai mainan baru kami dan ikut jadi pemain utama di penjualan motor berkapasitas mesin besar terutama yang punya model ikonik seperti inj,” klaim Budi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi melanjutkan bahwa pihaknya juga sudah menyediakan beberapa unit untuk pasar Indonesia dan setengahnya sudah dipesan oleh konsumen di Indonesia.
 
Electronic-Hydraulic Tilting System
Hal yang membuat mereka sangat optimis salah satuhya karena motor yang punya kepanjangan Quadro Scooter ini punya keunikan siatem kerja hidrolis di kaki-kakinya. Yaitu konfigurasi setiap roda yang bisa bekerja secara independen. Hal ini membuat berkendara lebih stabil. Apalagi diklaim setiap suspensinya tidak diberikan komponen per atau pegas. Sistem kerjanya menggunakan fluid dan udara yang dikontrol secara elektronik.
Motor 4 Roda Qooder, Hadir di Indonesia
Kemudian konfigurasinya pun cukup unik dan berbeda dengan siatem yang dihadirkan oleh skyter produksi Eropa lainnya seperti Piaggio MP3 atau Peugeot Metropolis sekalipun. Di mana posisi roda yang sedang dalam kondisi miring pun tetap bisa dikunci. Sehingga stabilitas pengemudi berada di atasnya tetap terjaga.
 
Mesin 400 cc
Berbicara soal kapasitas mesin, motor ini dibekali mesin berkapasitas murni 399 cc single silinder yang mampu menghadirkan tenaga sebesar 32,5 daya kuda pada putaran 7,000 RPM. Torsinya pun cukup besar yaitu 38,5 Newton meter pada putaran 5,000 RPM.
 
Lantaran ditawarkan dengan kinerja independen di setiap rodanya, maka tak heran jika motor ini juga menggunakan differential. Tujuannya tentu agar rodanya bekerja dengan baik sesuai kebutuhan traksi. Sayangnya, motor ini belum dilengkapi dengan sistem transmisi mundur. Sehingga akan jadi tugas besar bagi ridernya jika ingin memundurkannya dalam kondisi jalan menurun.
 
Soal harga, motor ini dibanderol dengan harga Rp357 juta. Harga tersebut sudah termasuk dengan surat-surat atau dijual on the road Jakarta.

 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif