Motor Baru

Ingin Meminang PCX Hybrid? Wajib Siap Biaya Penggantian Baterai

Ainto Harry Budiawan 16 Mei 2018 15:49 WIB
teknologi otomotifhonda motor
Ingin Meminang PCX Hybrid? Wajib Siap Biaya Penggantian Baterai
PCX Hybrid akan dijual resmi tak lama lagi. Medcom/ A. Harry Budiawan
Jakarta: Honda PCX hybrid sudah meluncur pada April 2018 lalu. Meski bukan yang pertama hadir dengan nama hybrid di Indonesia, namun skuter satu ini bisa dibilang pelopor motor hybrid di Indonesia, dan jadi pilihan yang lebih canggih untuk konsumen skuter.

Salah satu komponen utama di sistem hybrid ini adalah baterai lithium ion dengan spesifikasi 50,4 volt berdaya 4Ah. Baterai ini sendiri punya masa pakai, yang diklaim bisa mencapai delapan tahun.

Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan, kalau masa pakai baterai ini akan mulai turun di usia lima tahun. "Kemampuannya akan turun, tapi kemampuan assist untuk akselerasi tetap fungsi," katanya di sela media workshop PCX hari ini di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta.

Setelah melewati masa pakai delapan tahun, maka baterai ini harus diganti. "Baterai harus diganti, kalau tidak maka hybrid-nya tak berfungsi, jadi seperti motor biasa. Biayanya kira-kira Rp9 juta sampai Rp10 juta," tambahnya.


Sistem hybrid pada motor ini akan membantu memberi tenaga dan torsi ekstra pada saat tuas gas diputar dengan cepat. Tenaga dan torsi instan ini bisa dirasakan oleh penggunannya dalam tiga detik saja untuk satu kali putaran tuas gas.

PCX Hybrid tetap mengusung mesin yang sama dengan versi non hybrid, berkapasitas 150 cc. Tenaganya sampai 14,49 daya kuda dan torsi 13,2 Nm. Motor listriknya sendiri memasok daya ekstra sebesar 1,7 daya kuda dan torsi 4,3 Nm.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id