Peristiwa Otomotif

Diduga Tak Kuat Topang Bobot BMW K1600, Penyebab Anies Terjatuh

Ainto Harry Budiawan 08 Agustus 2018 17:46 WIB
bmw motorrad
Diduga Tak Kuat Topang Bobot BMW K1600, Penyebab Anies Terjatuh
Anies Baswedan terjatuh saat gunakan BMW K1600 GTL Exclusive. Istimewa
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (8/8/2018) ini memimpin apel kesiapan sarana dan prasarana transportasi Dinas Perhubungan (Dishub), Provinsi DKI Jakarta di lapangan Monumen Nasional (Monas). 

Usai apel, Anies menjajal motor-motor milik Dishub, salah satunya moge BMW K1600 GTL Exclusive. Motor bergenre turing itu punya mesin 1.649 cc, tiga buah kotak penyimpanan di buritannya dan bobotnya sekitar 360 kilogram.

Usai memutari lapangan monas menggunakan motor CBU Jerman tersebut, Anies gagal berhenti dengan mulus. Dirinya terjatuh ke sisi kanan dan terlihat tak kuat menahan motornya. Petugas Dishub yang ada di sekitarnya langsung sigap menolong Sang Gubernur. Diduga, Ia memang sedang dalam posisi tak siap untuk berhenti dan salah memprediksi bobot motor sehingga terjatuh.

"Untuk pengendara yang belum biasa mengendarai moge, memang harus perlu adaptasi terlebih dulu. Pasalnya tenaga mesin lebih besar dan bobot sangat berat, jika tak sigap bukan tak mungkin pengendara akan terjatuh," ujar Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu di momentum berbeda.

Secara spesifikasi, motor seharga lebih dari Rp1 miliar ini punya mesin 1.649 cc, dengan tenaga mencapai 160 daya kuda @7.750 rpm. Torsinya ada di angka 175 Nm @5.250 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.


Dimensi motor ini pun tak kecil, ukurannya 2.489 mm x 1.000 mm x 1.465 mm (PxLxT), dengan ketinggian jok 750 mm. Berat motor ini dengan BBM penuh 360 kilogram. Kalau tidak terbiasa menggunakan motor dengan bobot lumayan berat, maka akan sangat berisiko jika langsung mengendalikan tipe motor ini.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id