Servis berkala penting untuk menjaga kondisi skuter matic tetap prima. Scooter VIP
Servis berkala penting untuk menjaga kondisi skuter matic tetap prima. Scooter VIP

Servis Besar Skutik Tanpa Turun Mesin ala Scooter VIP

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 15 November 2019 18:44
Jakarta: Salah satu pemain besar untuk komponen aftermarket khusus skuter merek Piaggio dan Vespa yakni PT Scooter Victory Inter Parts, atau dikenal dengan Scooter VIP memperkenalkan dua produk teranyar mereka khusus matic.
 
Menarik, meski dikenal sebagai distributor suku cadang asal Italia yakni Malossi dan Polini, kali ini produk yang mereka tawarkan tak hanya menyasar jenis skuter asal Italia saja.
 
Dikesempatan kali ini mereka mengenalkan produk terbaru untuk skuter matic yang dinamakan Scootech. Produk ini adalah ignition amplifier (penguat pengapian). Scootech diklaim mampu menaikkan daya pengapian dengan cara memanfaatkan energi pengapian yang terbuang di kabel koil, dan diolah kembali untuk diteruskan ke koil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Servis Besar Skutik Tanpa Turun Mesin ala Scooter VIP
 
Produk teranyar lainnya yakni Variator Malossi with Flywheel. Produk tersebut disebut telah diracik ulang oelh Malossi untuk lebih meningkatkan jangkauan perseneling. Pulley flywheel adalah suku cadang yang meiliki 'diamond fonis'.
 
"Untuk saat ini kami memperkenalkan Scootech di harga Rp375 ribu, termasuk garansi 2 tahun. Dan untuk Malossi with Flywheel Rp550 ribu yang dijual secara paketan, terdiri dari rumah roller, per torsi, roller serta drive," ujar Scooter VIP, Dennil Sagita Owner, di Bekasi, (Jumat 15/11/2019).
 
Lebih lanjut Dennil memberikan tips seputaran servis bersar untuk skuter yang efeltif danpa perlu turun mesin. Menurutnya servis besar dilakukan agar skuter selalu fit dan semakin prima dalam penggunaan sehari-hari.
 
Servis Besar Skutik Tanpa Turun Mesin ala Scooter VIP
 
Servis besar memiliki rangakaian proses dalam pelaksanaannya. Berikut tahap proses servis bersar yang dilakukan Scooter VIP. Pertama bersihkan bagian chamber. Dalam proses pembersihan chamber perlu disipakan cairan sebanyak 50ml. Proses pembersihan chamber membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Lalu diselingi dengan pembersihan throttle. Untuk pembersihan throttle itu sendiri juga membutuhkan alat khusus.
 
Setelah pembersihan throttle, yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan cairan chamber yang sudah berada di dalam skuter sebelumnya dengan alat khusus, Dengan pembersihan chamber tersebut, kerak karbon akan terangkat seluruhnya dari skuter.
 
Hal selanjutnya yaitu membersihkan injektor dan ruang transmisi. Dalam pembersihan ruang transmisi gunakan injector cleaner, yang cara kerjanya untuk mengikat debu dalam ruang transmisi serta kering.
 
"Hal terseut merupakan servisa besar skuter matic yang efektif, hanya membutuhkan 1 jam, jadi tak perlu lama. Sekali servis cukup Rp350ribu," pungkas Dennil.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif