Tips Knowledge

Musim Hujan Tiba, Pilih Jas Hujan Berkualitas

M. Bagus Rachmanto 27 Oktober 2018 10:00 WIB
tips knowledge
Musim Hujan Tiba, Pilih Jas Hujan Berkualitas
Sebaiknya pilih jas hujan model setelan baju dan celana demi safety. Dok. MTVN
Jakarta: Memasuki bulan November ini, intensitas hujan diperkirakan bakal semakin sering. Untuk pengendara motor tentu harus menyiapkan jas hujan supaya pakaian tak basah. Tapi jangan sembarangan pilih jas hujan karena bisa berujung celaka.

Utamanya jangan pilih jas hujan model ponco atau yang sering disebut juga model batman. "Karena bagian ujung jas hujan yang panjang, bisa terselip kebagian rantai motor atau tersangkut kendaraan lain. Bukan tidak mungkin kejadian ini bisa bikin celaka," kata Agus Sani Instruktur Safety Riding PT. Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda Jakarta-Tangerang.
 
Masih menurut Agus, jas hujan model ini juga kurang nyaman dipakai karena bagian belakang akan berkibar ketika motor melaju, serta kaki tak tertutupi sempurna sehingga akan basah juga.

Tentu saja jas hujan model setelan baju dan celana lebih baik dari sisi safety riding dan kenyamanan. "Memang dari harga jas hujan model ini lebih tinggi dibanding model ponco, tapi demi keselamatan nominal yang harus dikeluarkan pun tak sebanding," sambung pria berkacamata tersebut.

Jas hujan model setelan terbuat dari berbagai jenis bahan, umumnya ada taslan, cordura, piu 1682, plastik dan karet. Dari kesemua bahan tersebut kecuali karet, dilapis lagi dengan lapisan waterproof.


Untuk mengetahui kekuatan lapisan waterproof tadi Anda bisa coba meniup lapisan jas hujan. Jika ada angin lolos berarti kualitasnya kurang baik. Untuk yang berbahan karet sudah pasti tak tembus air, hanya saja akan terasa gerah dan sedikit kurang praktis untuk disimpan.

Jangan lupa selalu siapkan jas hujan di sepeda motor Anda, jangan sampai aktifitas terhambat dan membuat arus lalu-lintas tersendat karena pengendara sepeda motor yang berteduh memenuhi kolong fly over atau underpass.




(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id