Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Lalu Lintas

Angka Kecelakaan di Jalan Raya Lebih Tinggi dari Kematian Covid-19?

Otomotif lalu lintas
M. Bagus Rachmanto • 30 Juli 2020 12:52
Jakarta: Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Indonesia menurun. Hal ituterlihat pada pada hari ke-5 Operasi Patuh 2020, Senin, 25 Juli 2020, jika dibandingkandengan Operasi Patuh 2019. Lalu perilaku apa yang berubah dan menjadi penyebab turunnya angka kecelakaan ini?
 
Tingginya angka kecelakaan di Indonesia terus menjadi perhatian bagi banyak pihak, tidak hanya dari pihak kepolisian maupun para penggiat keselamatan di jalan. Bahkan untuk bisa menekan angka kecelakaan, harusnya perlu bantuan serta keikutsertaan dari berbagai pihak agar berhasil.
 
Special Advisor Indonesia Driving Institute (INDI), Drs Pudji Hartanto MM, menerangkan sangat prihatin dengan tingginya kecelakaan dan korban di jalan raya. Bahkan dia mengklaim angka kematian di jalan raya lebih tinggi dari korban kematian Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Angka kematian akibat pandemik covid-19 dilaporkan sebanyak kurang lebih 30 korban kematian per harinya di seluruh Indonesia. Sementara korban akibat kecelakaan di jalan raya adalah 2-3 per jamnya atau kurang lebih 72 korban per harinya," ucap pria yang pernah menjadi Kakorlantas Polri dan Dirjen Perhubungan Darat itu melalui keterangan resminya.
 
“Angka-angka tersebut adalah angka yang tinggi, dimana lebih dari 40 persen hingga 50 persen dari korban di jalan raya tersebut berusia produktif (13-15 tahun)."
 
"Memang ada angka penurunan sebanyak 16 kasus atau 57 persen. Namun tentu kami berharap bisa lebih besar lagi mengingat angka kecelakaan lalu lintas dan jumlah pelanggaran di negara kita terbilang besar," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat(Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Awi Setiyono, Selasa, 28 Juli 2020.
 
Kakorlantas Polri, Irjen Drs Istiono, menambahkan di masa PSBB dan transisi kenormalan baru ini angka kecelakaan di jalan raya menurun. Meski demikian, semua pihak harus mengantisipasi akan tren kenaikan kecelakaan akibat lalu lintas yang perlahan kembali normal.
 
"Tren ini harus kita waspadai dengan upaya menekan trend kenaikan tersebut. Upaya untuk menurunkan tingkat kecelakaan dan korban di jalan raya adalah tanggung jawab bersama," sambung Irjen Drs Istiono.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif