Sidewall Ban Radial di Ban Bias, Apa Istimewanya?
Corsa aplikasikan teknologi radial di sidewall semua lini produknya. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jakarta: Pengembangan teknologi ban motor terus mengalami evolusi. Salah satunya teknologi sidewall ban atau dinding. Antara ban bias dan ban radial biasanya berbeda dari segi kekuatan dan kekakuan. Hal ini pun lantas menjadi perhatian beberapa pabrikan ban nasional, salah satunya Corsa

Brand Manager Corsa, Salomon Manalu, menjelaskan secara keseluruhan ban motor produksi Indonesia ini masih menggunakan teknologi bias. Hanya saja untuk bagian dinding ban (sidewall), menggunakan teknologi radial yang seperti digunakan ban mobil.

"Kini kami mulai menggunakan teknologi diding ban radial untuk motor, mengingat teknologi ban ini cukup bagus untuk daya tahan hingga kenyamanan berkendara. Bagian sampingnya dibuat lebih tebal dan lentur seperti teknologi radial yang kami gunakan untuk ban mobil," ujar Salomon Manalu Kamis (22/11/2018) Plaza Senayan Jakarta.

Dia menjelaskan efeknya ban lebih lentur hingga empat kali lipat dari sebelumnya. Efeknya membuat berkendara lebih nyaman untuk meredam guncangan selama perjalanan.


"Kelenturan yang dihasilkan dari kokohnya dinding ban akan membawa pengendara merasakan kenyamanan dari berkendara. Apalagi dilihat dari karakter jalanan Indonesia yang beraneka ragam."

Meski belum banyak digunakan oleh pabrikan ban untuk sepeda motor, namun Salomon mengaku ban mereka sudah menggunakan teknologi baru ini sudah digunakan sejak awal 2018. Lantaran ada teknologi terbaru dan struktur lebih kompleks di bagian tersebut, harga ban tipe ini pun biasanya mengalami penyesuaian sekitar 2-4 persen dari harga dasarnya.

Corsa tentunya tidak bermain sendirian di pangsa pasar ban tipe radial untuk motor. Mengingat IRC bahkan sudah lebih dulu meluncurkan versi radial murni yaitu RMC Series. Bahkan produsen ban FDR pun sudah mengeluarkan ban balap khusus tipe radial.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id