All New Yamaha Nmax kini punya segudang fitur digital yang terkoneksi dengan pengendara. medcom.id/Ahmad Garuda
All New Yamaha Nmax kini punya segudang fitur digital yang terkoneksi dengan pengendara. medcom.id/Ahmad Garuda

Fitur Gokil All New Yamaha Nmax 155

Otomotif teknologi otomotif motor baru yamaha
Ahmad Garuda • 03 Desember 2019 07:27
Jakarta: Yamaha Indonesia sepertinya tidak ingin setengah-setengah dalam meluncurkan senjata terbaru mereka menjelang akhir 2019. Brand otomotif roda dua dengan logo garpu tala ini bahkan meluncurkan tiga motor baru sekaligus dan mendatangkan pembalap MotoGP yaitu Maverick Vinales dalam acara tersebut.
 
Namun yang paling fenomenal adalah All New Yamaha Nmax 155 yang sudah lama ditunggu-tunggu. Motor yang masuk dalam keluarga maxi scooter Yamaha tersebut, sanggup membuat jagat pecinta skuter maxi di Indonesia langsung geger tepat pada Senin (2/12/2019) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.
 
"Kami di Yamaha memang sangat optimis dan sekaligus senang bisa meluncurkan versi terbaru dari Nmax yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh mereka yang ingin skuter maxi terbaru kami. Tentu kami juga tak ingin setengah-setengah dalam meluncurkan produk terbaru ini, sehingga kami meluncurkan Nmax dengan teknologi paling canggih yang terintegrasi dengan digitalisasi gawai dan perkembangan ponsel yang kian canggih. Ini menjadi satu-satunya dan yang pertama maxi scooter yang terintegrasi dengan sistem tersebut," klaim Deputi GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yordan Satria di momentum peluncuran motor tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitur Gokil All New Yamaha Nmax 155
 
Lalu apa yang istimewa di motor ini selain desainnya yang baru? Yamaha menyebutkan bahwa motor ini sudah dilengkapi dengan fitur terkini yang memanfaatkan digitalisasi sistem dispidometer sebagai perangkat yang menghubungkan pengemudi dengan sistem yang ada di motornya.
 
Motor Terkoneksi Gawai
Konsep ”Connected” ini merupakan yang pertama di Indonesia (untuk motor buatan Indonesia). Diwujudkan melalui Teknologi Comunication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.
 
Keunggulan utama dari teknologi CCU ini di antaranya bisa mencari lokasi parkir sendiri. Sistem kerjanya adalah aplikasi yang mereka namakan dengan Y-Connect, akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone). Kemudian fitur kedua adalah Phone & Message Notification yang memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.
 
Hal selanjutnya adalah Recommended Maintenance seperti penggantian pelumas atau pemberitahuan kondisi terkini baterai dan aki. Lalu ada juga cara untuk mengetahui detail konsumsi bahan bakar hingga jarak tempuh serta analisis perjalanan secara detail lainnya. Hal terakhir adalah bisa memperlihatkan catatan malfungsi komponen tertentu di motor melalui notifikasi di dashboard.
 
Fitur Gokil All New Yamaha Nmax 155
 
Fitur Baru Efisiensi BBM
Penggunaan mesin 155 cc terbaru yang disematkan Yamaha di motor ini, bisa dibilang jadi kunciannya. Bukan hanya teknologi Variable Valve Actuation (VVA) dan blue core, namun juga sudah dilengkapi dengan fitur start stop system (SSS) hingga smart motor generator untuk membuat proses menyalakan mesin tanpa hentakan.
 
Jika dilihat secara detail, sektor mesin ini menjadi perhatian khusus juga dari mereka. Menggunakan mesin yang sama dengan yang terdapat di Aerox 155, mesin ini diklaim memiliki desain baru air cleaner box yang besar, lalu new cylinder head dengan katup intake besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15. Tentu ini menjadi jaminan tersendiri soal performanya.
 
Fitur Keselamatan
Beberapa fitur keselamatan juga disematkan, seperti fitur kontrol traksi untuk mencegah ban selip dalam kondisi jalan yang licin saat berakselerasi. Sebagian orang menganggap bahwa fitur ini tak akan sering berperan ketika digunakan. Lantaran mesinnya juga tidak memiliki daya tarik seperti motor berkapasitas mesin besar. Namun untuk kondisi jalan tertentu, biasanya sistem ini akan bekerja maksimal.
 
Fitur Gokil All New Yamaha Nmax 155
 
Fitur keselamatan kedua adalah penggunaan dual channel sistem pengereman anti-lock braking system (ABS). Lagi-lagi banyak yang menanyakan soal itu, lantaran motor ini juga bobotnya tak terlalu berat, sehingga dianggap berlebihan jika menggunakan sistem dual channel tadi.
 
Fitur lain yang juga membuatnya jadi lebih modern dan menjadi fitur keselamatan dan keamanan motor adalah keyless ignition. Tentu akan membuat pengendara Nmax terbaru ini bisa lebih percaya diri saat memarkirkan kendaraannya.
 
Dengan ragam peningkatan yang mereka lakukan, menjadi jaminan untuk memaksa pabrikan rival mereka yaitu Honda atau pun Suzuki, akan mulai melirik untuk penggunaan teknologi yang lebih advanced soal kendaraan terbarunya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif