Motor Konsep

Pelajar di Swiss Kembangkan Motor Listrik Jarak Jauh

Ainto Harry Budiawan 21 Juni 2018 07:06 WIB
motor listrik
Pelajar di Swiss Kembangkan Motor Listrik Jarak Jauh
Ethec, motor listrik jarak jauh karya pelajar Swiss. Visordown
Zurich: Pelajar asal Universitas Zurich di Swiss mendesain sebuah motor listrik. Terdengar biasa memang karena banyak pelajar yang saat ini mengembangkan kendaraan listrik, tapi buatan mereka punya satu keunggulan.

Adalah kemampuan jelajahnya yang sangat jauh yakni mencapai 250 mill atau lebih dari 400 km. Purwarupa motor ini dibuat untuk menantang 14 orang pelajar tersebut mempelajari seluruh tahap dari sebuah pengembangan produk.

Desain yang ditampilkan terbilang brutal dan futuristik, motor ini sendiri diberi nama Ethec. Lekuk motor berdesain mono body yang menyatu dari depan hingga belakang, terdapat sebuah kotak baterai lithium-ion ukuran besar berdaya 15 kWh.

Para pelajar menjelaskan kalau rem depan motor juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyerap energi pengereman sebanyak 75 persen, yang kemudian disimpan sebagai sumber energi tambahan. 


Motor listrik yang digunakan didinginkan dengan sistem bernama thermoelectric system. Sistem ini dipadukan dengan pendinginan langsung berupa jalur oli yang berada di sekitar sel-sel baterai.

Unsur canggih makin terasa ketika bagian setang kemudi disisipi layar sentuh ukuran tujuh inci, yang mampu menampilkan sistem navigasi. Motor ini diaktifkan tanpa anak kunci (keyless) dan push start button.



(UDA)