Jajal Yamaha FreeGo, motor otomatis anti ribet di jalan. medcom.id/Ahmad Garuda
Jajal Yamaha FreeGo, motor otomatis anti ribet di jalan. medcom.id/Ahmad Garuda

Jajal Berkendara 'Anti Ribet' Yamaha FreeGo

Otomotif motor baru yamaha
Ahmad Garuda • 17 Desember 2018 06:36
Jakarta: Meluncur di ajang di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 lalu, menjadi hal baru yang membuat banyak orang penasaran soal fitur dan performa Yamaha FreeGo. Apalagi motor ini memiliki rentang harga yang sangat tipis dengan tipe Maxy lainnya. Lalu apa yang membuat motor ini pantas dipilih oleh para pecinta motor yang ogah ribet saat berkendara?

Hingga tiba saatnya kami menjajal motor bertransmisi otomatis itu di jalan yang sesungguhnya dan model perjalanan hingga karakter berkendara sehari-hari, kami menemukan beberapa hal yang memang membuat kegiatan bermotor harian lebih menyenangkan. Kali ini kami memilih jalur pengetesan dari Jakarta menuju kawasan wisata di wilayah Gunung Hambalang, Jawa Barat. Simak ulasan lengkapnya berikut.

Ragam Fitur yang Bikin Takjub
Banyak hal yang membuat kami takjub di motor ini. Kebetulan yang kami jajal ini adalah tipe tertinggi yaitu FreeGo S Version ABS. Mulai saat kami mengambil unit tes, lalu mengkonfigurasikan beberapa barang bawaan hingga kemudahan dalam melakukan pengisian bahan bakar dan mulai melakukan perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Ekspektasi saya dengan bobot badan 60 kg dan tinggi 160 cm akan kapasitas angkut bagasi motor itu, memang cukup tinggi. Tantangan terbesarnya adalah, sebagai seorang jurnalis otomotif yang bekerja di media online atau situs berita online medcom.id, saya dituntut untuk selalu membawa alat kerja ke mana pun pergi. Termasuk laptop berukuran 14 inci yang setia menemani.

Mengkonfigurasikan barang bawaan saat touring jarak pendek seperti ini memang cukup taktis. Terlebih di musim hujan yang mengharuskan saya tetap membawa jas hujan. Tas bawaan dan laptop pun saya sisipkan ke bagasi FreeGo berukuran 25 liter ini mampu memberikan kenyamanan. Tanpa membuat feeling berkendara terganggu. Meski ada tambahan bobot di bagasinya.



Hal kedua yang bikin takjub selain kapasitas muat bagasinya, juga soal kenyamanan yang diberikan saat mengisi bahan bakar. Lantaran lubang tangki BBM berada di bagian depan, hal ini membuat saya tak harus repot membuka jok motor saat berada di SPBU.

Berikutnya yang bikin takjub adalah kemudahan dalam pengoperasian panel-panelnya, seperti membuka jok dan lubang tangki BBM cukup dari tombol di panel ignition keyless. Kemudahan membaca panel spidometer yang sudah full digital, juga membuat orang yang baru mengendarai motor ini, takkan kebingungan.



Hal yang tak kalah menariknya adalah soal smart key system yang tanamkan Yamaha di motor tersebut. Lantaran tak lagi menggunakan anak kunci, maka kemungkinan untuk lupa menggeser posisi panel keyless ke penunjuk off pun sangat rentan. Hal ini disiasati Yamaha dengan cara membunyikan sensor sebagai penanda bahwa motor belum dalam kondisi aman untuk ditinggalkan.

Hal itu ditandai dengan berbunyinya sensor yang sama dengan answer back system, ketika remote dalam kondisi jauh dari jangkauan sensor sistem kunci tadi. Jadi, Anda tidak akan pernah bisa jauh dari motor ketika posisi smart key-nya belum menunjukkan posisi off atau lock.



Performa dan Kenyamanan Berkendara
Tiba saatnya berkendara dengan gaya harian yang sedikit agresif di kondisi kemacetan lalu lintas, pun demikian halnya ketika menyusuri jalan berliku di lereng Gunung Hambalang. Kekhawatiran saya dengan kemampuan ban berukuran 12 inci soal stabilitas dan kenyamanan, sedikit terbantahkan di skutik ini.

Yup, bagian depan yang dikawal ban berprofil 100/90-12 dan belakang 110/90-12, benar-benar memberikan rasa aman dan optimisme saat bermanuver. Untuk ukuran seperti itu berkonfigurasi sistem kaki-kaki yang lebih kecil, rasanya tidak berlebihan jika motor ini dikatakan sangat nyaman. Ditambah lagi sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), membuat pengereman lebih meyakinkan tanpa takut ban terkunci.



Soal ergonomi berkendara, posisi yang cukup nyaman memang ditawarkan si 'motor anti ribet' ini. Jok lebar di bagian tengah hingga ke belakang, membuat pengendara hingga orang yang dibonceng tetap merasa nyaman.

Dengan budget mulai dari Rp18,5 juta (varian terendah) dan Rp22,5 juta (varian tertinggi), rasanya motor ini sudah cukup menjadi rival sejati bagi Honda Vario CBS-ISS. Mengingat semua variannya mengusung semua fitur standarnya termasuk smart key system. Bagian yang membedakan hanya fitur ABS dan bobot motor saja.


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi