Suspensi Sepeda Motor

Efek Setup Suspensi yang Benar, Bisa Efisiensi Penggunaan Ban?

Ahmad Garuda 06 November 2018 11:50 WIB
komponen otomotif
Efek Setup Suspensi yang Benar, Bisa Efisiensi Penggunaan Ban?
Setup suspensi sepeda motor, sangat penting dilakukan untuk efisiensi ragam hal. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Banyak orang yang abai terhadap kesesuaian setup suspensi dengan bobot tubuh pengendara dan gaya berkendaranya. Padahal ini sangat penting, bukan hanya memberikan kenyamanan kepada pengendaranya, namun juga bisa berdampak terhadap efisiensi.

Fakta ini diungkapkan langsung oleh Direktur PT Sena Autopart Indonesia (distributor resmi Ohlins di Indonesia), Eddy Saputra beberapa waktu lalu. Ia menganggap bahwa orang yang peduli terhadap ketepatan setup suspensi kendaraan terutama sepeda motor, bisa melakukan ragam efisiensi.

"Efisiensi yang paling besar dampaknya adalah bisa mengirit penggunaan ban. Karena suspensi yang digunakan motor tersebut disesuaikan dengan gaya berkendara sang pemilik sepeda motor. Kemudian juga membuat penggunanya merasa klop dengan tunggangannya karena karakternya sudah disesuaikan. Tapi masih banyak orang yang abai terhadap hal ini," klaim Eddy.


Hal itu juga yang membuat Eddy berani menegaskan setup suspensi antara satu orang dengan orang lain meski bobotnya sama dan tipe motornya sama, tetap harus dibedakan. Karena ada orang yang berkendara dengan gaya agresif, ada juga yang berkendara mengutamakan kenyamanan.

"Ya setiap orang pasti punya gaya berkendara masing-masing. Jadi meski tinggi badan sama, berat badan sama, tetap akan berbeda setup suspensi yang diaplikasikan untuk setiap orang. Hal inilah yang kami tawarkan dari Ohlins sebagai salah satu perusahaan suspensi dunia."

Eddy menuturkan bahwa kesesuaian setup suspensi dengan kenyamanan berkendara serta efisiensi, bukan hanya untuk urusan berkendara harian. Namun juga sangat berperan dalam ajang balapan. Hal ini justru yang menjadi penguatan beberapa tim balap yang sudah maksimal dalam melakukan upgrade performa mesin motornya.

Sekadar informasi dari Eddy, Ia menyarankan agar setup suspensi bagi yang senang ngebut, sebaiknya memilih setup agar keras. Sehingga ayunan suspensi tidak membuat limbung ketika bermanuver cepat. Sementara bagi mereka yang ingin mengutamakan kenyamanan, sebaiknya melakukan setup suspensi lebih lunak atau lembut.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id